Yangon (ANTARA News) - Pihak berwenang Myanmar menyiarkan jumlah korban terakhir gempa bumi besar Kamis yang diudarakan oleh Radio dan Televisi Myamar (MRTV)-4 Jumat malam menjadi 73 tercatat tewas dan 125 cedera.

Total rumah penduduk yang rusak mencapai 225, 11 biara dan sembilan gedung departemen pemerintah, terutama di daerah-daerah terkena dampak Tachileik, Tarlay, Naryaung, Kyatkuni dan Monglin, sebagaimana dikutip dari Xinhua OANA.

Tindakan-tindakan penyelamatan telah dilakukan oleh Komite Pusat Persiapan Bencana Alam pemerintah dengan membuka beberapa kamp bantuan, kata MRTV-4.

Ditambahkan bahwa delegasi pemerintah, yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Aung Than Htut dari Departemen Pertahanan dan melibatkan beberapa menteri wakil, memeriksa daerah yang dilanda gempa pada Jumat.

MRTV-4 juga menayangkan keadaan dari wilayah-wilayah yang terkena gempa. Sebuah gempa kuat, berkekuatan 7,0 pada skala Richter mengguncang Loimwe, 56 kilometer tenggara Kengtung di Myanmar timur laut pada Kamis malam, pukul 20:29 waktu setempat.

Pusat gempa, pada kedalaman 10 kilometer, dan melanda di daerah perbukitan Myanmar yang berbatasan dengan Thailand dan Laos.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011