Jakarta (ANTARA News) - Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang seyogyanya digelar malam ini di Pekan Baru, Riau, batal, dan panitia menyatakan pembatalan karena masalah keamanan.

Dalam jumpa pers Ketua Panitia Kongres PSSI Indra Mukhlis Adnan bersama Sekjen PSSI Nugraha Besoes dan sejumlah pengurus lainnya di Pekan Baru Sabtu malam diumumkan mengenai pembatalan itu.

Menurut Indra Mukhlis, pihaknya sudah berkoordinasi dengan FIFA mengenai situasi yang berkembang di Pekan Baru yang dinilainya tidak kondusif, sehingga FIFA sepakat bahwa Kongres ditunda.

Indra mengatakan tidak berani menjamin keamanan para peserta sehingga memutuskan untuk membatalkan Kongres, meski ia sendiri mengaku belum meminta pertimbangan kepada aparat keamanan mengenai situasi di Pekan Baru.

Nugraha Besoes menyatakan tidak ingin terjadi keonaran, kerusuhan, atau pun kericuhan di Pekan Baru yang pada PON mendatang akan menjadi tuan rumah, oleh karenanya ia sepakat Kongres dibatalkan.

Ini menyangkut citra Pekan Baru yang akan menjadi tuan rumah PON mendatang, dan PSSI lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, kata Nugraha Besoes.

Dalam jumpa pers yang disiarkan langsung oleh sesuah stasiun televisi swasta itu tidak dijelaskan sampai kapan Kongres ditunda dan apakah akan tetap digelar di Pekan Baru, Riau atau di daerah lain.

(S026/B010)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011