London (ANTARA News) - Pesawat-pesawat perang Inggris telah menghancurkan lima kendaraan lapis baja Libya dalam serangan udara terhadap pasukan Muamar Gaddafi di dua kota tempat pemberontak memerangi rezim itu, demikian menurut kementerian pertahanan.

Jet-jet Tornado yang melaksanakan sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB telah menembakkan sejumlah rudal, Jumat, ke tentara pro-Gaddafi di Ajdabiya, kota yang telah direbut kembali oleh pasukan pemberontak pada Sabtu, dan di Misrata, tempat pertempuran sengit masih terus berlangsung, katanya.

Mayor Jendral John Lorimer, juru bicara Kepala Staf Pertahanan, mengatakan pesawat-pesawat Tornado GR4 itu mengambil bagian dalam "serangan rudal yang dikoordinasikan bersama terhadap unit-unit militer Libya Kolonel Gaddafi".

"Pesawat Tornado itu telah meluncurkan sejumlah rudal Brimstone yang dipandu, menghancurkan tiga kendaraan lapis baja di Misrata dan empat kendaraan lapis baja lagi di Ajdabiya," kata Lorimer.

Koalisi yang dipimpin AS, Inggris dan Prancis memulai serangan udara sepekan lalu untuk menerapkan resolusi PBB yang membolehkan "semua cara secukupnya" untuk mengadakan zona larangan terbang dan melindungi warga sipil dari pasukan Gaddafi, demikian dilaporkan AFP.

(SYS/S008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011