Ini adalah salah satu proses agar bisa melawan Irak dan antisipasi agar main lebih baik di Piala Asia
Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas sepak bola Indonesia Shin Tae-yong mengaku tidak khawatir dengan hasil pertandingan skuad asuhannya saat menghadapi Libya pada laga pertama di Turki yang berakhir dengan skor 0-4.

Pada pertandingan yang berlangsung di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Selasa, itu Skuad Garuda tak bisa keluar dari tekanan timnas Libya pada pertandingan yang menjadi uji coba sebelum Piala Asia 2023 di Doha, Qatar pada 12 Januari-10 Februari.

"Para penggemar di Indonesia tidak perlu khawatir dengan kekalahan kemarin. Memang saya tidak melihat skor, dan fisik pemain pasti capek. Hasil tersebut akan menjadi evaluasi untuk pertemuan selanjutnya," kata coach Shin melalui jumpa pers virtual di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Timnas Indonesia telan kekalahan telak 0-4 kontra Libia

Secara tegas ia pun mengatakan bahwa pertandingan uji coba pertama melawan Libya memang tidak dititikberatkan pada hasil pertandingan.

"Saya tidak menganggap pertandingan ini penting untuk (melihat) skor, menang atau kalah tidak terlalu penting. Ini adalah salah satu proses agar bisa melawan Irak dan antisipasi agar main lebih baik di Piala Asia," tuturnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menuturkan, mulai hari ini ia akan memberikan penekanan pada conditioning pemain dan tidak fokus pada latihan fisik.

Untuk pertemuan kedua kontra Libya pada Jumat, coach Shin akan melalukan penyesuaian pemain dan strategi pertandingan. Kekalahan kemarin juga menjadi salah satu proses agar bisa menentukan formasi terbaik pada pertemuan kedua melawan Libya dan uji coba ketiga menghadapi Iran.

Baca juga: Justin Hubner akui laga debutnya bersama Indonesia tak berjalan mulus

"Mulai hari ini kami fokus ke pertandingan di tanggal 5 dan 9 (lawan Iran), nanti dari semuanya akan menjadi fokus untuk persiapan pada pertandingan (Piala Asia) tanggal 15," ungkap Shin.

Sebelumya, Timnas Indonesia harus rela menelan kekalahan telak dengan skor 0-4 kontra Timnas Libya. Gol-gol Libya itu dicetak oleh Ahmed Ekrawa, Omar Al Khouja, Nour Alquaib, dan Alaa Alqijdar.

Secara keseluruhan Indonesia dapat memberikan perlawanan, namun kesalahan-kesalahan dari pemain Skuad Garuda membuat Libya dapat keluar sebagai pemenang.

Selanjutnya Indonesia akan kembali meladeni Libya pada uji coba kedua yang digelar di stadion yang sama, Jumat.

Baca juga: STY optimistis Indonesia penuhi target di Piala Asia 2023
 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024