Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia, Minggu, kembali membatalkan 10 perjalanan KA ekonomi yang melintas di jalur Bandung untuk menghindari kerusakan dan bentrokan "bobotoh" (pendukung Persib Bandung) dengan warga di atas kereta.

"Pembatalan perjalanan KA ini terpaksa dilakukan karena kerugian akibat tawuran `bobotoh` dan warga jauh lebih besar bahkan kerap berakibat korban luka-luka, jadi diputuskan dibatalkan perjalanannya," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung.

KA yang dibatalkan perjalanannya adalah KA Jakarta-Purwakarta dua perjalaan, empat perjalanan KA Serayu Jakarta-Kroya, dan sebaliknya, serta KA Cibatu-Bandung-Purwakarta atau Si Mandra dua perjalanan.

Kereta itu kerap menjadi korban pelemparan bila tetap dioperasikan saat pertandingan Persib di Bandung.

Bambang menyebutkan, pembatalan perjalanan KA tersebut merupakan yang ketiga kalinya dilakukan PTKA sejak pertandingan Persib melawan Persija dan Persiwa.

Selain itu, PTKA juga melakukan "sweeping" terhadap "bobotoh" di atas KRD atau komuter Bandung Raya jurusan Cicalengka - Bandung - Padalarang.

"Langkah ini terpaksa dilakukan, untuk menghindari kerusakan dan kerugian PTKA. Pembatalan jadwal perjalanan KA itu sudah disosialisasikan sebelumnya," kata Bambang.

Sementara itu, pertandingan Persib - Persipura akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Minggu malam ini.(*)
(T.S033/A035)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011