Barcelona (ANTARA News) - Juara Spanyol Barcelona telah mengusulkan larangan merokok total di stadionnya di Camp Nou.

Klub akan minta para anggotanya untuk melakukan pemungutan suara perihal proposal "Camp Nou bebas rokok" pada sidang umum mendatang, kata Jordi Mones, salah seorang direktur klub tersebut Senin, seperti dilaporkan AFP.

"Ini konsisten dengan nilai-nilai Barca," katanya pada suatu konferensi pers.

Jika para anggota Barcelona menyetujui proposal tersebut, larangan merokok akan berlaku musim depan, tambah presiden Barcelona Sandro Rosell.

Berdasarkan undang undang baru anti merokok yang mulai berlaku di seluruh Spanyol pada 2 Januari, merokok dilarang di lorong-lorong di stadion Camp Nou, yang berdaya tampung 99.354 orang.

Undang undang baru tersebut, salah satu yang paling keras di Eropa, melarang merokok di semua ruang publik yang tertutup, termasuk bar, restoran dan klub-klub malam, dan menyatakan ilegal merokok di taman-taman anak atau dimanapun di sekolah atau lapangan-lapangan rumah sakit.

Barcelona mengatakan inisiatif tersebut sejalan dengan kebijakan-kebijakan serupa di seluruh Eropa.

Klub Belanda Ajax dan klub Jerman Bayer Leverkusen telah melarang merokok di lapangan-lapangan mereka seperti juga semua stadion di Inggris, kata klub tersebut di websitenya. (ANT/K004)

Pewarta: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011