Bekasi (ANTARA News) - Bagi pengguna setia KRL Ekspres di Jakarta dan sekitarnya, mulai 1 April anda tidak bisa menikmati layanan kereta api cepat ini karena akan digantikan dengan KRL Commuter Line yang berhenti di setiap stasiun.

"PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai menjalankan KRL Commuter Line berbagai jurusan untuk menggantikan KRL Ekspres, terhitung sejak 1 April mendatang," kata Kepala Stasiun Besar Bekasi Eman Sulaiman di Bekasi, Selasa.

KRL Commuter Line akan beroperasi layaknya KRL Ekonomi yang berhenti di setiap lintasan statsiun. Hal itu berbeda dengan KRL Ekspres yang melaju tanpa singgah di setiap lintasan statsiun.

Menurut Eman, hal tersebut dilakukan oleh PT KCJ untuk meningkatkan pelayanan bagi para pengguna setia jasa Kereta Rel Listrik (KRL).

"Kita sudah sebar pemberitahuan ini melalui papan pengumuman di setiap sudut statsiun," ujarnya.

Dalam papan pengumuman tersebut tertulis adanya penyesuaian tarif bagi para penumpang yang menggunakan jasa tersebut.

Diantaranya, tarif jurusan lintas Bekasi dari Rp9.000 turun menjadi Rp6.000, lintas Bogor dari Rp14.000 menjadi Rp7.000, lintas Tangerang Rp9.000 menjadi Rp6.000.

"Namun tarif ini masih perlu kajian lagi," katanya.

Sejumlah penumpang mengaku sangat menyayangkan adanya perubahan operasional KRL Ekspres.

"KRL Ekspres biasanya hanya berhenti di beberapa stasiun namun untuk KRL Commuter Line akan berhenti di setiap stasiun sehingga waktu tempuh akan lebih lama," kata Atun (45), salah seorang penumpang.

Hal senada diungkapkan Puspita Ayu (24). Menurut dia, KRL Commuter Line sama saja dengan operasional kereta ekonomi.

"Waktu tempuh lebih lama dan tingkat kenyamanan kurang. Menggunakan Ekspres ke kota (Jakarta) dari Bekasi sekitar 40 menit. Namun Ekonomi bisa lebih dari 1 jam," ujar pegawai BUMN di Jakarta itu.

Puspita mengaku tidak keberatan dengan harga tiket ekspres lintasan Bekasi Rp9.000, karena sesuai dengan kenyamanannya.

"Saya lebih senang menggunakan Ekspres karena harga dan pelayanannya sesuai," kata Puspita.

(KR-AFR/Z003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011