New York (ANTARA News) - Saham-saham Amerika Serikat terdorong naik pada Selasa waktu setempat, mengabaikan penurunan peringkat utang Portugal dan Yunani dan data pada harga rumah Amerika Serikat serta sentimen konsumen yang menandakan lebih banyak kesulitan untuk pemulihan ekonomi, demikian AFP melaporkan.

Dow Jones Industrial Average ditutup naik 81,13 poin (0,67 persen) pada 12.279,01.

Indeks S & P 500 bertambah 9,25 poin (0,71 persen) pada 1.319,44, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 26,21 poin (0,96 persen) menjadi 2.756,89.

"Pembeli menunjukkan kesediaan mereka untuk melangkah dengan sebuah tawaran yang tampak pada kemerosotan awal yang tidak memukul apapun setelah minat menjual," kata analis dari Briefing.com.

"Peserta cukup banyak mengabaikan berita bahwa analis di Standard & Poor`s memangkas peringkat utang Portugal satu tingkat lebih rendah ke BBB-, yang hampir di atas status sampah. Mereka juga memangkas rating Yunani dua tingkat menjadi BB-."

Penurunan peringkat menambah tantangan baru untuk menyelamatkan zona euro dari krisis utang pada beberapa perangkat ekonomi, tetapi tampaknya ini memiliki dampak kecil di sini.

Pasar juga melenggang meskipun data Conference Board menunjukkan bahwa kenaikan harga makanan dan energi telah mengikis kepercayaan konsumen AS.

"Ekspektasi inflasi konsumen naik secara signifikan pada Maret dan ekspektasi penghasilan mereka memburuk," kata perusahaan riset Lynn Franco.

Sementara itu indeks S&P/Case-Shiller untuk 20 kota utama AS menunjukkan harga turun sebesar 3,1 persen pada tingkat tahunan pada Januari dan S & P mengatakan bahwa mereka tampaknya menjadi lebih rendah dari bagian terbawah pasar pada awal April 2009.

"Sejalan dengan tren di akhir 2010, Januari membawa harga rumah kami melemah tanpa harapan nyata terlihat dalam waktu dekat," kata David Blitzer dari S&P.

Saham General Electric bertambah 0,6 persen setelah mengumumkan pembelian kelompok Perancis Converteam, yang mengkhususkan diri pada peralatan listrik dan otomasi, sebesar 3,2 miliar dolar (2,27 miliar euro).

International Paper naik 4,7 persen setelah mengatakan akan membeli saham kunci di Andhra Pradesh Paper Mills hingga 423 juta dolar untuk pijakan dalam booming ekonomi di India.

Raksasa ritel Amazon naik 3,1 persen karena pengumuman sebuah layanan `online storage` untuk musik.

Harga obligasi jatuh. Hasil pada Treasury 10-tahun naik menjadi 3,49 persen dari 3,45 persen pada akhir Senin, sedangkan untuk obligasi 30-tahun naik menjadi 4,55 persen dari 4,49 persen.

Harga dan hasil obligas ibergerak berlawanan arah. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011