Kolaborasi sangat dibutuhkan, karena pihak pemerintah pusat maupun daerah tidak akan bisa menyelesaikan persoalan pendidikan yang sangat kompleks tanpa melibatkan semua pihak
Banda Aceh (ANTARA) - Direktur Sekolah Dasar (SD) Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih menyatakan bahwa kolaborasi sangat penting dalam memajukan sektor pendidikan di Tanah Air.

“Kami sangat mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya yang telah serentak bergerak bahkan telah membangun kemitraan dengan Dinas Pendidikan lainnya,” katanya di Calang, Ibu Kota Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan untuk mengembangkan pendidikan maka kolaborasi sangat dibutuhkan, karena pihak pemerintah pusat maupun daerah tidak akan bisa menyelesaikan persoalan pendidikan yang sangat kompleks tanpa melibatkan semua pihak.

Ia memberi contoh kolaborasi itu, yakni Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya yang telah membangun kemitraan dengan Dinas Pendidikan lain yaitu Yogyakarta, untuk memberikan sebuah transformasi dan akselerasi bagaimana belajar di era pandemi COVID-19.

Menurut dia semua pijak terkait harus kompak bergerak untuk mengeliminasi dampak dari belajar dari rumah di masa pandemi akibat hilangnya pengetahuan dan keterampilan akibat faktor tertentu.

Ia juga menambahkan jika belajar dari kondisi pandemi orang tua memiliki peran penting dalam memberi dukungan kepada satuan pendidikan untuk tetap memberi hak belajar bagi anak, belajar dari rumah betul-betul bisa difasilitasi oleh orang tua.

“Kita akui dengan berbagai latar belakang, berbagai persoalan, ekonomi bahkan sosial belum mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas belajar,” demikian Sri Wahyuningsih.

Baca juga: Kemendikbud kolaborasi dengan swasta tingkatkan kualitas pendidikan

 Baca juga: Banjir Aceh Jaya rendam belasan sekolah

Baca juga: Kolaborasi IGI dan TikTok buat buku panduan digitalisasi pendidikan

Baca juga: Kemendikbud: Kolaborasi kunci kesuksesan pembelajaran dari rumah


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021