Banda Aceh (ANTARA) - Polres Aceh Jaya mencatat setidaknya terdapat 27 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dalam wilayah hukum Aceh Jaya selama 2023, meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu-lintas pada 2023 meningkat dari tahun 2022 yang hanya 12 orang," kata Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Aceh Jaya, Inspektur Polisi Satu Asy'ari, di Banda Aceh, Jumat.

Baca juga: Polisi: tiga orang tewas akibat kecelakaan di km 136 tol Cipali

Ia menjelaskan, meski tingkat korban meninggal dunia meningkat tajam dibandingkan dengan tahun lalu. Tetapi untuk jumlah kasus kecelakaan lalu-lintasnya sendiri menurun dari 94 kejadian pada 2022, sedangkan tahun ini hanya 62 kecelakaan.

Baca juga: Polres Madiun Kota gelar Operasi Patuh Semeru 2022 cegah kecelakaan

Sementara itu, jumlah korban luka ringan juga terjadi penurunan, di mana pada 2022 sebanyak 121 orang, sedangkan pada 2023 83 orang. "Untuk jumlah kerugian material ada peningkatan, di mana pada 2022 sebesar Rp163,5 juta, sedangkan 2023 sebesar Rp272 juta," ujarnya.

Baca juga: Terlindas truk di jalur pantura, pemudik asal Cirebon meninggal dunia

Dalam kesempatan ini ia menuturkan bahwa berdasarkan hasil olah TKP, kebanyakan kasus laka lantas itu terjadi karena kelalaian sopir saat berkendara. "Karena itu kedepan kita akan melakukan berbagai upaya untuk pencegahan. Semoga ke depan lebih menurun kasus kecelakaan lalu-lintas," kata dia.

Baca juga: Pelajar nekat bawa mobil lalu tabrak pengendara motor

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023