Saya sangat senang bisa mengamankan tempat ke semifinal
Jakarta (ANTARA) - Petenis Estonia Anett Kontaveit memastikan satu tempat di semifinal setelah menyingkirkan unggulan ketiga asal Republik Ceko, Karolina Pliskova 6-4, 6-0 pada babak penyisihan grup WTA Finals di Guadalajara, Meksiko, Sabtu.

Unggulan kedelapan tersebut melanjutkan tren positifnya pada turnamen pengujung musim dengan mencatatkan kemenangan ke-12 secara beruntun dan memastikan diri finis di posisi dua teratas fase penyisihan Grup Teotihuacan WTA Finals.

Kemenangan kali ini juga menjadi yang pertama kali diraih Kontaveit atas Pliskova dari empat pertemuan mereka.

Dalam perjalanannya di WTA Finals, Kontaveit yang merupakan unggulan kedelapan itu sebelumnya berhasil menekuk unggulan kedua Barbora Krejcikova dalam pertandingan pembuka dengan skor 6-3, 6-4.

Baca juga: Kontaveit kalahkan Krejcikova dalam laga pembuka WTA Finals

“Tentu saja, saya sangat senang bisa mengamankan tempat ke semifinal,” kata Kontaveit, yang hanya membutuhkan 57 menit untuk menyingkirkan Pliskova.

“Saya tidak memikirkan bahwa saya pernah kalah tiga kali dalam pertandingan (melawan Pliskova) sebelumnya… Setiap kali Anda memasuki lapangan, Anda punya peluang baru. Pertandingan sebelumnya tidak terlalu penting," katanya seperti dikutip AFP, Sabtu.

Sementara itu, Garbine Muguruza dari Spanyol menjaga asanya untuk melaju ke semifinal dari grup yang sama setelah meraih kemenangan perdana atas juara bertahan French Open, Barbora Krejcikova 2-6, 6-3, 6-4. Sebelumnya, petenis yang untuk pertama kalinya tampil di WTA Finals sejak 2017 itu kalah dari Karolina Pliskova.

Baca juga: Pliskova awali WTA Finals dengan kemenangan atas Muguruza

Dengan kemenangan yang diraih Muguruza maka perburuan satu tempat ke semifinal di Grup Teotihuacan akan berlangsung sengit antara Muguruza, Pliskova, dan Krejcikova dalam laga terakhir fase penyisihan, Minggu nanti.

Pliskova juga telah mengemas satu kemenangan atas Muguruza di laga pembuka.

Pada laga terakhir, Minggu, Pliskova akan menghadapai Krejcikova, sedangkan Muguruza akan menantang Kontaveit.

Baca juga: Badosa kejutkan unggulan teratas Sabalenka di WTA Finals
Baca juga: Sakkari libas Swiatek di babak penyisihan grup WTA Finals


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021