Banjir telah menggenangi jalan dan lahan perkebunan, sejumlah rumah warga juga sudah terendam
Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, menerjunkan sejumlah personel dan peralatan pendukung untuk memantau dan menangani banjir di Desa Penyaguan dan Desa Belimbing Kecamatan Batang Gansal.

"Banjir telah menggenangi jalan dan lahan perkebunan, sejumlah rumah warga juga sudah terendam," kata Kepala Pelaksana KPBD Indragiri Hulu, Ergusfian di Indragiri Hulu, Sabtu.

Menurutnya, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Gansal. Belum ada warga yang diungsikan tetapi tim KPBD Indragiri Hulu terus memantau kondisi luapan air.

Baca juga: Walhi minta Pemkot Palembang maksimal atasi banjir

Ia mengatakan curah hujan yang cukup tinggi dalam berapa hari terakhir di wilayah Kecamatan Batang Gangsal, mengakibatkan meluapnya Sungai Gansal. Terutama di Desa Belimbing dan Desa Penyaguan.

"KPBD Indragiri Hulu menerjunkan delapan personel di bawah pimpinan Amrianto, yang membawa satu unit perahu karet dan satu unit mobil operasional. Walau sudah menggenangi akses jalan, lahan dan sebagian rumah warga namun sampai saat ini belum ada warga yang diungsikan," katanya.

Baca juga: Petugas pantau banjir di Kabupaten Indragiri Hulu

Baca juga: 4.080 vial vaksin COVID-19 tiba di Indragiri Hulu


Ia mengatakan untuk Kecamatan Peranap, Batang Peranap, Kelayang, Rakit Kulim, Sei Lala dan Pasir Penyu, kondisi air Sungai Indragiri mengalami penyusutan.

Namun, untuk wilayah Rengat Barat, Rengat dan Kuala Cenaku mengalami kenaikan sekitar 9 cm dari sebelumnya 467 cm dan saat ini tinggi air permukaan sungai pada posisi 476 cm dan masih dalam kondisi di atas normal. Tetapi belum ada wilayah yang terdampak banjir.

"Berdasarkan pantauan di lapangan sore ini daerah bagian hulunya sudah mulai surut, namun bagian hilirnya mengalami kenaikan sedikit dan biasanya di lokasi ini banjirnya tidak begitu lama karena banjirnya dadakan yang disebabkan curah hujan yang tinggi," jelasnya.

Baca juga: Satgas bencana lakukan evaluasi penanganan banjir di Sintang Kalbar

Baca juga: Ratusan rumah warga Desa Kepayang OKU diterjang banjir

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021