Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Makedonia Utara di ambang sejarah untuk melakoni penampilan perdana di putaran final Piala Dunia 2022 seusai masuk ke fase playoff kualifikasi zona Eropa.

Hal itu dicapai setelah Makedonia membukukan kemenangan 3-1 saat menjamu Islandia dalam laga pemungkas Grup J zona Eropa di Stadion Tose Proeski Arena, Skopje, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kemenangan itu membuat Makedonia finis di posisi kedua klasemen akhir Grup J dengan raihan 18 poin dan berhak mengikuti fase playoff zona Eropa yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Jerman sikat Armenia tutup kualifikasi Piala Dunia 2022

Bek sayap Ezgjan Alioski mampu membawa Makedonia memimpin hanya tujuh menit selepas sepak mula lewat tembakan sudut sempitnya menyelesaikan umpan terobosan Aleksandar Trajkovski.

Keunggulan Makedonia bertahan hingga turun minum, tapi raib sembilan menit memasuki babak kedua saat Jon Dagur Thorsteinsson memanfaatkan situasi sepak pojok untuk melakukan sontekan jarak dekat demi membuat Islandia menyamakan kedudukan 1-1.

Makedonia merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-65 melalui gelandang serang Eljaf Elmas yang menyambar bola muntah hasil tembakannya sendiri yang sempat dimentahkan kiper Elias Olafsson.

Baca juga: Modric bilang Kroasia tegaskan status sebagai tim terbaik Grup H

Upaya Islandia untuk bangkit kian menemui hambatan besar sebab mereka harus menuntaskan laga hanya dengan sepuluh pemain setelah Isak Bergmann Johannesson menerima kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Elmas.

Situasi timpang bisa dimanfaatkan oleh Elmas yang mencetak gol keduanya empat menit jelang bubaran waktu normal untuk mengunci kemenangan Makedonia jadi 3-1 atas Islandia.

Islandia menempati peringkat kelima klasemen akhir Grup J dengan koleksi sembilan poin, sementara Makedonia akan menanti siapa lawan mereka di babak semifinal fase playoff Maret mendatang. Apabila bisa mulus di fase playoff, Makedonia bakal menorehkan sejarah tampil di putaran final Piala Dunia setelah tahun ini melakoni debut di babak utama Euro 2020.

Baca juga: Belanda buang keunggulan atas Montenegro, kepastian lolos tertunda

Dalam pertandingan Grup J lainnya yang berlangsung bersamaan di Stadion Rheinpark, Vaduz, Rumania mengalahkan tuan rumah Liechtenstein dengan skor 2-0 berkat gol-gol Dennis Man dan Nicusor Bancu.

Sayangnya kemenangan itu jadi tak berarti bagi Rumania, yang harus puas finis di urutan ketiga Grup J dengan 17 poin, tertinggal satu poin persis di bawah Makedonia, sedangkan Liechtenstein tetap menjadi juru kunci dengan satu poin saja.

Baca juga: Belgia kunci tiket Piala Dunia 2022, Wales jaga peluang playoff

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021