Riyadh (ANTARA Newss) - Ratusan warga Syiah Arab Saudi menggelar demonstrasi damai di bagian timur kerajaan penghasil minyak itu, Jumat, untuk mendukung masyarakat Syiah di Bahrain dan kebebasan politik di dalam negeri.

Para demonstran berkumpul di Awamiya, sebuah desa dekat pusat Syiah penting Qatif, tak lama setelah shalat Jumat. Mereka kebanyakan melambaikan bendera Bahrain, tapi ada juga yang membawa bendera Saudi.

Arab Saudi telah mengirimkan 1.000 tentara ke Bahrain, sebuah monarki Sunni, untuk membantu mengatasi demonstrasi prodemokrasi yang dilancarkan warga mayoritas Syiah negara Teluk itu.

Demonstran di Awamiya meminta diakhirinya apa yang mereka katakan sebagai diskriminasi sektarian terhadap Muslim Syiah Arab Saudi oleh monarki absolut Sunni.

Mereka menyuarakan slogan-slogan seperti "Minyak dan pengangguran, di mana keadilan! dan "Bahrain merdeka, tentara Semenanjung keluar!" serta membawa plakat "Rakyat ingin hak asasi manusia". kata beberapa aktivis kepada Reuters.

Pasukan keamanan tetap berada jauh dari demonstran, kata mereka.

Masyarakat Syiah Saudi mengeluhkan diskriminasi sehingga harus berjuang untuk mendapat pekerjaan. Pemerintah Arab Saudi yang biasanya tidak mentoleransi perbedaan pendapat terbuka, membantah tuduhan itu.
SYS/S008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011