Jakarta (ANTARA News) - iPad Apple yang memiliki trend bagus di dunia dan mempelopori perangkat tablet, baru-baru ini dikritik oleh tokoh-tokoh senior Dell dan Microsoft.

Andy Lark, kepala pemasaran Dell untuk perusahaan besar dan organisasi publik mengatakan bahwa Google Android akan mengalahkan iPad di pasar bisnis yang menguntungkan.

"Saya bahagia Apple telah menciptakan pasar dan membangun antusiasme, tapi akhirnya perangkat yang akan menang adalah perangkat yang terbuka, tangguh dan terjangkau, tidak tertutup, tidak mahal dan eksklusif," kata Lark ketika menjadi pembicara CIO Australia, Sydney.

"[Apple telah] melakukan pekerjaan yang bagus, mereka punya produk hebat, tapi tantangan mereka adalah Android yang akan mengalahkan mereka," katanya.

"Apple akan bagus jika kamu punya uang yang banyak dan tinggal di sebuah pulau. Tapi itu tidak bagus jika kamu berada dalam sebuah perusahaan, terbuka, terhubung ke perusahaan; hal-hal sederhana menjadi sangat kompleks."

Sementara itu, Kepala riset global dan strategi Microsoft, Craig Mundie, ketika makan siang bersama Komite Pembangunan Ekonomi Australia (CEDA) di Sydney mengatakan, dia tidak tahu apakah tablet seperti iPad akan "tetap bersama kami atau tidak".

Mundie mengatakan dia yakin smartphone jauh lebih penting, dan pengalaman komputasi akan lebih komprehensif terintegrasi ke lingkungan hidup.

Meskipun tablet berbasis Windows telah dirilis, perangkat itu tidak terlalu sukses karena sistem operasinya tidak dirancang untuk interaksi layar sentuh.

Mendatang, Microsoft akan meluncurkan sistem operasi Windows 8, tapi seiring dengan teknologi 'Surface', Microsoft mengindikasikan ingin meniru teknologi yang dipopulerkan Apple, demikian dilaporkan Telegraph.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011