Brega, Libya (ANTARA News/AFP)- Pemberontak Libya mengaku mengalahkan pasukan yang setia pada Muamar Gaddafi setelah pertempuran seru berlangsung di sekitar kota minyak Brega, Sabtu, kata seorang wartawan AFP.

Kendatipun tidak ada segera konfirmasi tentang pengakuan itu, koresponden AFP berada dekat lokasi itu melihat tujuh mayat pasaukan Gaddafi dan setidaknya 10 truk pikup tentara terbakar di jalan sekitar daerah pinggiran Brega Baru.

Satu lubang selebar lima meter dan dua meter dalam terdapat dekat truk-truk yang hancur itu, agaknya konvoi telah hancur Jumat malam akibat serangan pesawat-pesawat NATO.

Pertempuran tampaknya mereda Sabtu pagi di pinggiran kota itu dan hanya terdengar suara pesawat-pesawat tempur Pakta Pertahanan Atlatik Utara (NATO) terbang yang menggangu ketenangan itu.

Sejumlah penduduk mengemukakan kepada AFP pasukan pemberontak telah merebut kembali kota itu dan sedang berusaha membersihkan para penembak jitu pro-Gaddafi yang masih aktif.

Brega, 800km timur Tripoli, telah menjadi anjang baku tembak dalam beberapa hari belakangan ini ketika pasukan Gaddafi dstang kembali setelah didesak mundur oleh pemberontak.

Tetapi, tidak jelas sejak Kamis siapa sebenarnya menguasai kota itu, sementara pasukan pemberontak menghimpun kekuatan kembali di Ajdabiya, sekira 80km di timur Tripoli.
(U.H-RN/B002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011