Teheran (ANTARA News/Reuters) - Empat penjaga perbatasan Iran tewas dan lima yang lain terluka akibat serangan granat di sebuah kota di wilayah Kurdistan yang berbatasan dengan Irak, televisi negara melaporkan Sabtu malam.

Laporan itu mengatakan serangan tersebut terjadi pada Jumat malam di kota Marivan. "Seorang bersenjata tak dikenal telah melemparkan sebuah granat ke kantor polisi," ujarnya.

Pada 25 Maret, kantor-kantor berita melaporkan dua polisi telah tewas ditembak dan tiga orang yang lain terluka dalam dua penembakan "teroris" di dekat kota Sanandaj.

Pasukan keamanan di bagian barat Iran sering bentrok dengan gerilyawan dari PJAK, kelompok cabang Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang mengangkat senjata pada 1984 untuk memperoleh wilayah kediaman otonom di provinsi-provinsi perbatasan di bagian timurlaut Irak.

Seperti Irak dan Turki, Iran memiliki minoritas besar Kurdi, sebagian besar tinggal di bagian baratlaut dan barat negara itu.

Iran membantah tuduhan kelompok hak asasi Barat bahwa negara itu telah melakukan diskriminasi terhadap minoritas-minoritas etnik dan agama.(*)

(Uu.S008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011