...tetapi beberapa saksi sudah dimintai keterangan
Cilacap (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Tengah mulai meminta keterangan dari sejumlah saksi terkait kebakaran di Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.

"Kami belum melakukan pemeriksaan secara formal, tetapi beberapa saksi sudah dimintai keterangan," kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah  Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang kepada wartawan, di Cilacap, Minggu.

Keterangan yang dikumpulkan polisi, lanjut Edward, adalah dari  para karyawan Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang pertama kali mengetahui adanya kebakaran tersebut.

Kapolda mengatakan  saat ini kepolisian berkonsentrasi dalam pengamanan upaya pemadaman kebakaran di Pertamina RU IV Cilacap."Kami masih fokus dalam pengamanan pemadaman dulu, setelah itu penyelidikan," katanya.

Kebakaran di Pertamina RU IV Cilacap terjadi sejak Sabtu (2/4), pukul 04.55 WIB, berawal dari tangki 31 T-02 berisi minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component), yakni cairan untuk meningkatkan nilai oktan pada premium.

Hingga Sabtu siang kebakaran itu telah menjalar ke tangki 31 T-03, dan sore harinya ke tangki 31 T-07.

Sampai Minggu siang, petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang berkobar di tiga tangki tersebut dengan menyemprotkan foam.
(KR-SMT/M008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011