Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Google Larry Page hari ini resmi menjabat kepala eksekutif mesin pencari raksasa itu.

Langkah ini, sudah diisyaratkan pada 20 Januari, dimana tiga serangkai di jajaran teratas Google berubah menuju konfigurasi yang sedikit berbeda, tetapi semuanya terlibat dalam bisnis.

Eric Schmidt, mantan kepala eksekutif dan pemberi "nasihat" bagi para pendiri, akan menjadi Executive Chairman, Larry Page akan menjabat kepala eksekutif dan Sergey Brin mempertahankan posisinya sebagai pendiri.

Schmidt berbicara pada pengumuman Januari lalu mengatakan, "Saya percaya Larry sudah siap. Ide-idenya sangat menarik dan cerdas, sudah waktunya memberikan terobosan dalam menjalankan ini (Google).

"Saya bangga dengan dekade terakhir saya sebagai CEO dan saya yakin 10 tahun kedepan di bawah kepemimpinan Larry akan jauh lebih baik! Larry, dalam pendapat saya, siap untuk memimpin."

Schmidt juga mengatakan bahwa struktur tiga serangkai selama ini telah memperlambat pengambilan keputusan, dan perubahan ini akan memperjelas peran setiap individu sehingga "ada pembagian tanggung jawab yang jelas dan akuntabilitas di jajaran atas perusahaan."

Namun, dia (Schmidt) meyakinkan investor tidak adanya "perubahan material" dalam menjalankan perusahaan karena "kami cenderung setuju satu sama lain."

Schmidt diharapkan mengambil peran yang lebih luas sebagai "outreach", berkeliling dunia menjelaskan ambisi Google. Mengenai pendapatan terakhir Google, dia mengumumkan lonjakan laba tahunan menjadi 10,8 milyar dolar, demikian laporan Telegraph.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011