Kalau kata Bu Mega tidak akan diproteksi, asalkan ke tempat yang ideologinya sama
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Pusat DPP PDI Perjuangan, Taufik Kiemas membolehkan kepala daerah yang awalnya diusung oleh PDI Perjuangan kemudian pindah ke partai lain, asalkan masih memperjuangkan ideologi yang sama.

"Tidak apa-apa ya, asal ideologinya sama," kata ketika ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, setelah menghadiri acara pengucapan sumpah Anwar Usman sebagai hakim konstitusi.

Taufik yang juga Ketua MPR itu mengatakan, kepindahan seorang kepala daerah bukanlah hal yang paling penting. Menurut dia, hal yang paling penting adalah orang tersebut masih memperjuangkan ideologi Pancasila.

Pindah ke parpol lain tidak perlu dipersoalkan jika memang dengan kepindahan itu seseorang bisa bekerja lebih efektif demi menjalankan ideologi dan kesejahteraan rakyat.

Dia menjelaskan, PDI Perjuangan belum akan membuat aturan khusus terkait pindahnya sejumlah kader PDI Perjuangan ke parpol lain.

"Kalau kata Bu Mega tidak akan diproteksi, asalkan ke tempat yang ideologinya sama," katanya.

Beberapa kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan telah pindah ke partai lain, misalnya Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang yang sekarang menjadi kader Partai Demokrat.

Kemudian, Gamawan Fauzi yang sekarang menjadi menteri dalam negeri setelah sebelumnya diusung oleh PDI Perjuangan ketika maju sebagai Gubernur Sumatera Barat.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011