Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional, Jumat mengkonfirmasikan bahwa Portugal telah meminta bantuan keuangan untuk memenuhi beban utang negara yang menghancurkan.

"Kami siap untuk bertindak cepat untuk permintaan ini dan melakukan pembicaraan secepatnya dengan pemerintah Portugal," Direktur Pelaksana IMF Dominique Strauss-Kahn mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AFP.

IMF bergabung dengan Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa (ECB) dalam rencana menopang keuangan negara-negara Iberia (negara-negara di barat daya Eropa) yang sakit.

Sebelumnya pada Rabu, IMF mengatakan pihaknya siap berdiri untuk membantu Portugal, karena negara itu mengakui memerlukan bantuan dana dari Eropa untuk memenuhi setidaknya beberapa kewajiban utang.

"Kami belum menerima permintaan bantuan keuangan," kata juru bicara Dana Moneter Internasional. "Kami siap membantu Portugal."

Portugal pada Rabu mengatakan telah memutuskan untuk meminta bantuan keuangan dari Uni Eropa untuk menyelesaikan masalah utang tersebut.

Setelah menolak untuk tekanan berbulan-bulan dari pasar serta mitra Eropa, Perdana Menteri Portugal Jose Socrates yang mengundurkan diri dalam pidatonya di televisi membenarkan permintaan diperlukan setelah program penghematan barunya ditolak oleh parlemen. (A026/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011