Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis Malaysia Wong Choong Hann masih terlalu kuat bagi Tommy Sugiarto sehingga pemain Indonesia itu menyerah di semifinal Australia Terbuka, Sabtu.

Tommy yang pada perempat final berhasil menyisihkan unggulan teratas Boonsak Ponsana dari Thailand, gagal mengatasi Choong Hann yang menjadi unggulan delapan sehingga menyerah 16-21, 19-21.

Wakil Indonesia lainnya pada semifinal turnamen grand prix gold tersebut, pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga gagal mencapai final.

Pasangan unggulan kedua itu kalah oleh ganda putra Jepang unggulan keempat Naoki Kawamae/Shoji Sato 14-21, 21-8 21-12.

Alvent/Hendra yang unggul lebih dulu setelah merebut game pertama menurun drastis pada game kedua dengan hanya mampu mengumpulkan delapan poin.

Penampilan mereka tidak membaik pada game penentuan saat hanya memperoleh 12 poin sebelum pasangan Jepang menyudahi pertandingan.

Alvent mengaku persiapan mereka menghadapi turnamen tersebut kurang sehingga tidak bisa menampilkan performa terbaik.

"Persiapannya kurang sehingga tampil kurang maksimal," kata Alvent.

Tersisihnya dua wakil Indonesia yang tersisa tersebut membuat final turnamen berhadiah 120.000 dolar AS tersebut tanpa Merah Putih.

Final tunggal putra mempertemukan Wong Choong Hann dengan unggulan keenam Sho Sasaki (Jepang), sedangkan tunggal putri antara unggulan teratas Liu Xin (China) dengan unggulan keenam Porntip Buranaprasertsuk (Thailand).

Sedangkan mahkota ganda putri akan diperebutkan pasangan Malaysia Chin Eei Hui/Wong Pei Tty dengan Shizuka Matsuo/Mami Naito dari Jepang.

Adapun pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul dengan pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Mizuki Fujii akan memperebutkan gelar ganda campuran.

Jepang yang meloloskan finalis pada empat nomor telah memastkan gelar ganda campuran setelah pasangan Naoki/Shoji akan menghadapi rekan senegara mereka Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa pada final ganda putra.(*)

(T.F005/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011