Tokyo (ANTARA News) - Gempa kuat mengguncang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Jepang yang rusak Selasa, menggoyang sejumlah bangunan di Tokyo, namun tidak menimbulkan tsunami maupun kerusakan.

Badan Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 6,0, pada kedalaman 11 kilometer itu berlokasi di 70 kilometer selatan kota Fukushima di perfektur yang bernama sama.

Para pejabat Jepang menyatakan gempa itu berkekuatan 6,3.

Para petugas bencana yang bergulat untuk menguasai reaktor-reaktor di pembangkit listrik nuklir Fukushima Daiichi yang rusak diperintahkan supaya meninggalkan tempat, kata pejabat operator Tokyo Electric Power.

"Tidak ada laporan tentang ketidaknormalan pada aliran listrik eksternal menuju pembangkit Fukushima Daiichi. Tetapi kami menginspeksi status selang air serta parameter-parameter di area tersebut," katanya.

Matinya listrik pada sistem pendingin pembangkit listrik akibat tsunami hebat yang ditimbulkan gempa bawah laut pada 11 Maret itu membuat sejumlah reaktor memanas hingga membahayakan, memicu krisis nuklir terparah di dunia dalam 25 tahun, demikian AFP melaporkan.(ANT/K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011