Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Italia membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia (WNI) untuk mengikuti seleksi program beasiswa pendidikan di Italia, demikian pernyataan dari Kedutaan Besar Italia di Jakarta, Selasa.

Beasiswa pada tahun ajaran 2010-2011 tersebut terdiri atas program setingkat Sarjana, Pascasarjana, Doktoral, kursus spesialisasi, kursus bahasa, serta budaya Italia yang diselenggarakan di berbagai universitas dan institusi pendidikan di Italia, kata pernyataan itu.

Sejak diadakan pada 2003, program beasiswa pendidikan ini telah diberikan kepada ratusan WNI yang telah memenuhi persyaratan dan diseleksi oleh Komite Gabungan Bersama Indonesia-Italia.

Bantuan beasiswa ini diharapkan dapat menumbuhkan interaksi positif dalam pertukaran bahasa, budaya, dan ilmu pengetahuan antarkedua negara sekaligus meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk sekolah di Italia.

Kriteria mendasar bagi peminat beasiswa di antaranya berumur dari 18-35 tahun, minimal lulusan SMA atau SMK dan memiliki kemampuan bahasa Italia tingkat dasar bagi beasiswa di bidang lainnya.

Beasiswa ini terbuka untuk masyarakat umum dan berbagai bidang jurusan, kecuali bidang kedokteran.

Para kandidat nantinya dapat memilih program pendidikan yang sesuai dengan bidangnya di universitas negeri atau institusi yang ada di berbagai kota di Italia sepanjang peminat dapat memenuhi persyaratan yang diminta oleh universitas yang bersangkutan.

Pendaftaran beasiswa harus dilakukan paling lambat pada 2 Mei 2011 melalui laman: www.iicjakarta.esteri.it.(*)
(Tz.KR-BPY/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011