London (ANTARA News) - Angry Birds sudah diunduh sebanyak 100 juta kali. Game itu memberi alasan lain bagi pembuatnya untuk merayakan gelar Game Terbaik di Appys, ajang penghargaan untuk aplikasi ponsel pintar inovatif.

Angry Birds dibuat tahun 2009 oleh Rovio yang berbasis di Finlandia. Game yang juga digemari oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron itu juga memenangi kategori  "Aplikasi Tahun Ini" dalam acara yang berlangsung di London Senin (11/4) malam. Acara itu dipandu oleh presenter acara "Top Gear" Richard Hammond.

Angry Birds adalah permainan dengan burung-burung yang sengaja menabrakkan diri dengan ketapel ke perlindungan babi.

"Itu menakjubkan. Pertama-tama memenangi voting publik untuk game terbaik dan kemudian setelah itu para juri memutuskan kami menjadi aplikasi terbaik. Ini menjadi tahun terbaik bagi kami," kata Oona Hilkamo, juru bicara Rovio kepada BBC.

Pemenang lain dalam acara itu, resminya dikenal sebagai "Carphone Warehouse Appys Awards", termasuk Facebook yang meraih Pembuang Waktu Terbaik. eBay Fashion meraih gelar aplikasi Fashion Terbaik, sementara itu Amazon menang untuk kategori Gaya Hidup Terbaik.

Layanan telepon internet Skype meraih gelar Penghemat Uang Terbaik sementara Musik Terbaik jatuh ke layanan streaming Spotify.

Lima aplikasi berbeda diciutkan dalam sepuluh kategori sebelum dipilih oleh 30.000 anggota masyarakat.

Riset yang dipublikasikan bulan lalu menunjukkan satu dalam lima pengguna ponsel pintar menggunakan aplikasi untuk belanja, menghabiskan rata-rata 30 poundsterling sebulan untuk barang-barang dari bahan pangan dan DVD hingga kereta dan tiket bioskop.
(ENY/A038)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011