London, (ANTARA News) - Sirkuit baru bernama "Circuit of the Americas" di Austin, Texas, akan menjadi tuan rumah kejuaraan MotoGP mulai tahun 2013 dengan ikatan kontrak 10 tahun dengan promotor Dorna.

Sirkuit itu, kini sedang dibangun, juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan Grand Prix Formula Satu mulai tahun depan dengan kontrak sama selama 10 tahun.

Dorna mengatakan dalam pernyataannya, kontrak MotoGP dengan pemilik sirkuit, Tavo Hellmund dari Full Throttle Productions, meliputi tiga kategori perlombaan sepeda motor grand prix.

"Merupakan kehormatan bagi kami dapat meluaskan perlombaan ini sampai ke Texas, negara yang dalam sejarah kaya dengan pebalap dan berkiprah hingga ke tingkat dunia," kata Ketua Eksekutif Dorna Carmelo Ezpeleta.

"Kami memiliki hubungan manis dengan Kevin (Schwantz) selama 20 tahun dan selalu berbicara tentang impian untuk meningkatkan popularitas MotoGP di AS," katanya.

Schwantz, juara dunia kelas 500cc pada 1993, mengatakan, baginya ikatan kontrak itu tak ubahnya seperti mimpi yang jadi kenyataan.

"Saya amat yakin dengan hal ini, karena olahraga bermotor amat populer di Texas. Saya yakin ini merupakan awal dari sukses jangka panjang," katanya.

Hellmund mengatakan dalam pernyataannya, pembangunan sirkuit itu berjalan dengan pesat dan diperhitungkan akan selesai pertengahan tahun 2012.
(A008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011