Jakarta (ANTARA News) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merencanakan untuk menggelar muktamar pada akhir Juni atau awal Juli 2011, tapi nama-nama kandidat ketua umum partai berlambang kabah tersebut sudah mulai bermunculan.

"Nama-nama kandidat tersebut baik berasal dari kader PPP maupun berasal dari luar yang masuk ke PPP," kata Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP), Muhammad Romahurmuziy, di Jakarta Kamis.

Menurut dia, nama yang berasal dari kandidat PPP yakni Ketua Umum PPP saat ini Suryadharma Ali, Ketua DPP PPP Ahmad Muqowam, dan Ketua DPP PPP Lukman Hakim Saifuddin.

Kemudian nama dari luar yang masuk ke PPP, kata dia, ada Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Muchdi Purwopranjono, serta mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Ashidiqie.

"Pak Jimly tampaknya tidak bersedia jika harus melalui pertarungan dengan kandidat lain, mungkin karena beliau biasa di kampus bukan di partai politik," kata Romy, panggilan Romahurmuziy.

Menurut Romy, Jimly Assidiqie lebih menyukai jika diberikan jabatan tanpa harus bertarung, meskipun bukan ketua umum.

Jimly Ashidiqie, kata dia, pernah menduduki jabatan Wakil Ketua Dewan Pakar PPP sedangkan Muchdi baru saat ini bergabung di PPP.

Ketua DPP PPP Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, PPP merupakan rumah besar dari partai Islam, karena merupakan fusi dari beberapa partai Islam sejak 1974.

"PPP adalah partai terbuka yang bisa menerima figur siapapun untuk bergabung di PPP," katanya.

Namun, untuk tampil sebagai kandidat ketua umum PPP, menurut dia, figur yang baru bergabung dengan PPP harus memenuhi persyaratan yang ada di internal PPP.

(R024/I007/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011