Anies ajak masyarakat rawat lingkungan sebagai budaya

Anies ajak masyarakat rawat lingkungan sebagai budaya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika memberikan sambutan saat penyerahan penghargaan kepada masyarakat peduli lingkungan 2021 di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/11/2021). ANTARA/HO-Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta/aa.

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga untuk merawat lingkungan sebagai sebuah budaya yang dimulai dari gerakan diri sendiri dan diharapkan memberi inspirasi kepada orang lain.

"Sesungguhnya yang diperlukan adalah kita menjaga konsistensi dan merawat lingkungan hidup harus bisa menjadi budaya, bukan sekadar slogan," kata Anies ketika menyerahkan penghargaan kepada masyarakat peduli lingkungan hidup di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mencontohkan di setiap stasiun dan dalam kereta MRT Jakarta tidak ada tempat sampah yang tersedia.

Anies mengungkapkan, alasan tidak ada tempat sampah di moda transportasi modern itu karena untuk menumbuhkan tanggung jawab sendiri.

"Jangan tanggung jawab diserahkan kepada orang lain, serahkan pada diri sendiri, bawa (sampah) itu ke rumah, ke tempat kerja lalu masukkan di kotak sampah sesuai dengan klasifikasi yang ada. Ini bagian pembiasaan baru," katanya.

Baca juga: Warga diingatkan tidak buang sampah di saluran air
Baca juga: PPSU Kelurahan Kota Bambu Selatan ubah sampah plastik jadi solar


Ia mengharapkan cara tersebut sekaligus melatih masyarakat khususnya penumpang MRT Jakarta yang per hari bisa mencapai hingga 120 ribu orang untuk menumbuhkan budaya baru dalam menjaga lingkungan dari sampah.

Dalam kesempatan itu, Anies memberikan apresiasi kepada warga dan instansi di Jakarta yang peduli merawat lingkungan.

Gubernur DKI menyerahkan penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi DKI Jakarta 2021 kepada 17 SD hingga SMK. Kemudian ada 13 RW di Jakarta yang meraih penghargaan Kampung Iklim Tingkat Provinsi DKI.

Selain itu, penghargaan kepada 18 RW bidang pengelolaan sampah terbaik. Kemudian penghargaan kepada delapan bank sampah terbaik, empat tempat uji emisi terbaik, penggiat uji emisi terbaik.

Selanjutnya, ada tiga perusahaan mendapatkan penghargaan dalam program penilaian peringkat kinerja perusahaan dan mengelola lingkungan masing-masing untuk rumah sakit, perkantoran dan industri serta penghargaan untuk kantong belanja ramah lingkungan kepada tiga pusat perbelanjaan.
Baca juga: Kecamatan Pal Merah sulap tiga ton sampah jadi pupuk kompos
Baca juga: Maggot, solusi sampah organik Ibu Kota

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ada 298 paket sembako untuk petugas kebersihan Kota Jayapura

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar