Mamuj (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, membuka secara resmi pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan regional Sulawesi di Mamuju, Jumat.

Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) regional ini juga dihadiri Wakil Menteri Perencanaan Pembungaan Nasional Dr Lukita Dinarsyah Tuwo.

Fadel Muhammad mengatakan, pelaksanaan Musrembang regional Sulawesi ini sangat penting untuk mengakomodasi seluruh kepentingan rakyat pulau Sulawesi yang nantinya akan menjadi acuan untuk melaksanakan program nasional pada 2012.

"Manfaatkan pelaksanaan Musrembang regional Sulawesi ini guna mempercepat pembangunan di kawasan Pulau Sulawesi yang daerahnya masih banyak yang tertinggal," katanya.

Fadel meyakini, potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia (SDM) di pulau Sulawesi tak kalah hebatnya dengan Pulau Jawa, Sumatera, maupun daerah lain.

Buktinya, kata dia, potensi SDM Sulawesi sudah banyak yang aktif sebagai tokoh nasional termasuk dirinya yang mendapat kepercayaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membantu menjalankan program kabinet Indonesia Bersatu II.

Dikatakannya, dirinya siap membantu masyarakat Sulawesi untuk melaksanakan percepatan pembangunan di daerah ini termasuk di Sulbar.

"Manfaatkan kami yang ada di Jakarta sepanjang usulan itu muaranya untuk kepentingan rakyat, tak ada gunanya saya orang Sulawesi jika mengabaikan kepentingan Sulawesi. Ini bukan bahagian KKN, namun tentu saya memiliki perasaan yang sama untuk kepentingan masyarakat di Sulawesi," terangnya.

Ia berharap, pelaksanaan Musrembang regional ini memiliki makna yang besar untuk membawa masyarakat di Sulawesi menjadi lebih baik dari apa yang terjadi saat ini. (ACO/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011