Semarang (ANTARA News) - Pebulu tangkis pelatnas asal PB Djarum Kudus, Maria Febe Kusumastuti, bakal bertemu Juan Gu (Singapura) pada babak pertama Turnamen Bulu Tangkis Sunrise India Open Superseries di New Delhi, India, 26 April hingga 1 Mei 2011.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu, mengatakan,ini merupakan batu ujian bagi Maria Febe setelah beberapa waktu tidak turun pada turnamen internasional.

Menurut dia, Juan Gu bukan lawan yang mudah dikalahkan apalagi yang bersangkutan berhasil mengalahkan peraih medali perunggu Olimpiade 2008 Beijing, Maria Kristin Yulianti pada Australia Open Grand Prix Gold beberapa waktu lalu dengan angka, 16-21 dan 15-21.

Keikutsertaan di India Open ini meruapakan yang pertama bagi Maria Febe setelah dua bulan absen pada turnamen internasional.

Turnamen internasional terakhir yang diikuti pebulu tangkis peringkat 32 dunia tersebut adalah Proton Malaysia Open superseries (!8-23 Januari) dan Victor Korea Open (25-30 Januari). Pada dua event tersebut Maria hanya sampai pada babak pertama.

Menurut dia, event di India bakal menjadi ajang ujian bagi Maria Febe. "Saya sudah bertemu dia dan saya dorong dia supaya melihat ke depan, jangan patah semangat setelah tidak diikutsertakan pada beberapa event internasional termasuk All England," katanya.

Menurut dia, kegagalan pada dua turnamen yang diikutinya dianggap Maria sebagai hukuman sehingga tidak diikutsertakan pada berbagai event internasional.

Jika menang lawan Juan Gu, Maria Febe bakal menantang unggulan pertama dari India, Saina Nehwal. "Memang berat tetapi harus dicoba dan tetap berusaha sekuat tenaga," katanya.

Pada turnamen berhadiah total 200 dolar Amerika Serikat tersebut, Saina Nehwal menempati unggulan pertama sedangkan kedua ditempati pebulu tangkis Denmark, Tine Baun Rasmussen, sedangkan ketiga Bae Youn Joo (Korea), dan keempat Yip Pui Yin (Hong Kong).

Selain Maria Febe, pebulu tangkis Djarum Kudus yang turun pada turnamen ini adalah Dionysius Hayom Rumbaka yang pada babak pertama bertemu pebulu tangkis Korea, Lee Hyun Il.

Jika menang bakal menantang unggulan pertama dari Malaysia yang juga pebulu tangkis peringkat pertama dunia, Lee Chong Wei.

Pada turnamen ini, Lee Chong Wei menempati unggulan pertama sedangkan kedua adalah Taufik Hidayat, disusul Peter Hoeg Gade (Denmark) unggulan ketiga, Boonsak Ponsana (Thailand) unggulan keempat, dan Simon Santoso unggulan kelima.

Sementara itu, ganda putra Djarum Kudus, Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan bertemu ganda tuan rumah, Pranav Chopra/Tarun Kona pada babak pertama. (H015/S016/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011