"Ada beberapa poin yang cukup ruwet dalam pembahasannya, tetapi saya tidak pernah menyerah."
Boston, Massachusetts (ANTARA News/AFP) - Sebuah grup investor Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh konglomerat Boston, Thomas DiBenedetto, telah menandatangani kesepakatan untuk membeli klub sepak bola Italia AS Roma, sehingga membuat AS Roma manjadi klub Liga Italia pertama yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh asing.

"Kesepakatan telah dicapai," kata DiBenedetto dalam sebuah jumpa pers bersama Paolo Fiorentino, wakil presiden bank Unicredit, setelah mereka menyelesaikan semua formalitas yang berkaitan dengan pembelian itu.

"Ada beberapa poin yang cukup ruwet dalam pembahasannya, tetapi saya tidak pernah menyerah, saya telah bertekad untuk mengatasi semua halangan itu, dan untunglah semua telah selesai," kata Fiorentino.

"Saya bangga dengan status keturunan Italia saya, dan oleh karena itu saya berjanji untuk melakukan yang terbaik bagi tim ini," tambah DiBenedetto .

"Saya tidak mengharapkan perhatian sebegini banyak. Saya tahu besarnya gairah para fans Roma dan inilah salah satu alasan kenapa saya melakukan hal ini. Saya pernah merasakan gairah seperti ini karena ayah saya juga pernah bermain sebagai pesepakbola Liga Amerika," katanya.

Tahun lalu Unicredit menjadi pemilik bersama klub yang sedang terlilit utang itu dan oleh karena itu sekarang Bank itu berhak atas sebagian saham di dalam grup yang menjadi pemilik baru klub AS Roma.

Kesepakatan itu, yang mesti disetujui oleh otoritas keuangan, membuat juara tiga kali Liga Italia itu menjadi klub Serie A pertama yang mayoritas sahamnya dimiliki asing.

DiBenedetto menyatakan bahwa dia ingin membuat klub itu sehat secara finansial dan "mampu menjadi scudetto (juara liga Italia) setiap tahun dan mampu bersaing di Liga Champion"

Pengusaha ini bukan orang yang asing lagi dalam persepakbolaan Eropa karena dia juga menjadi salah satu pemegang saham pada New

England Sports Ventures, yang memiliki klub bisbol Boston Red Sox dan tahun lalu membeli klub Inggris Liverpool.

Spekulasi beredar di Italia bahwa perubahan kepemilikan atas AS Roma itu juga akan menyebabkan perubahan drastis pada komposisi tim, dimana dikabarkan pelatih Chelsea yang sedang berada dalam tekanan Carlo Ancelotti akan ditarik ke klub itu akhir musim ini.

Beberapa pemain yang kemungkinan akan ditarik antara lain Javier

Mascherano dari Liverpool dan Diego Pastore dari Palermo, termasuk pemain bertahan klub Lens Raphael Varanne yang akan menggantikan Philippe Mexes yang sedang cedera.
(Uu.H-OKS/I015)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011