Teheran (ANTARA News) - Pasukan keamanan Iran telah menangkap lima anggota kelompok gerilyawan Sunni Jundallah di provinsi Sistan-Baluchestan di Iran tenggara, kantor berita resmi IRNA melaporkan, Senin.

"Satu jaringan teroris (Jundallah) dengan tujuan membuat tidak stabil kawasan ini telah dikenali dan dilenyapkan," kata bagian intelijen provinsi seperti yang dilaporkan oleh kantor berita itu.

"Lima teroris telah ditangkap bersama dengan empat rompi peledak dan beberapa amunisi," kata laporan itu.

IRNA tidak mengatakan di mana penangkapan itu dilakukan.

Kelompok bayangan Jundallah (Tentara Tuhan), yang pemimpinnya Abdolmalek Rigi sudah digantung pada Juni 2010, telah melancarkan pemberontakan mematikan di Iran tenggara selama hampir satu dasawarsa.

Kelompok itu telah mengaku bertanggungjawab atas beberapa serangan terhadap warga sipil dan pejabat di Sistan-Baluchestan, yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan, termasuk pemboman bunuh diri 15 Desember di kota Chabahar yang menewaskan 39 orang.

Para pejabat Iran menuduh kelompok itu telah menerima bantuan dari dinas intelijen Amerika Serikat, Inggris dan Pakistan.

Jundallah mengatakan mereka berperang untuk hak-hak etnik Sunni Baluchestan yang merupakan penduduk penting Sistan-Baluchestan, terhadap pemerintah Syiah dari Teheran, demikian AFP melaporkan. (S008/B002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011