Karakteristik kelapa sama dengan Avanza yaitu terkenal dan banyak manfaatnya
Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 100 tanaman langka pesisir seperti Palem Washington, Palem Copernica dan Pohon Bodhi bisa anda temukan di Toyota Eco Island, Ancol Eco Park, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

"Toyota Eco Island bisa menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi anak-anak," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor  ketika meresmikan Toyota Eco Island di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta pada Selasa (9/4).

Toyota Eco Island adalah bentuk kepedulian Toyota Indonesia kepada pelestarian lingkungan hidup di Indonesia, sebelumnya Toyota telah membuat hutan Toyota di Karawang dan Taman Hijau Toyota di Jl. Yos Sudarso, Jakarta.

Pemilihan tanamannya pun tidak sembarang karena setiap karakteristik tanaman langka harus mewakili karakteristik jenis kendaraan Toyota seperti Kelapa disamakan dengan Toyota Avanza, Pohon Bodhi disamakan dengan Toyota Prius, Akasia Daun Lebar disamakan dengan Toyota Corolla, Waru Laut disamakan dengan Toyota Alphard dan Palem Acai dengan Toyota Camry.

"Karakteristik kelapa sama dengan Avanza yaitu terkenal dan banyak manfaatnya," katanya.

Pembangunan Toyota Eco Island memiliki luas sekitar 1,5 hektar yang melestarikan berbagai jenis pohon habitat asli daerah pantai dan pembangunan itu adalah bentuk kerjasama Toyota dengan PT. Pembangunan Jaya Ancol.  

Dana pembagunan Toyota Eco Island sekitar Rp. 4 Miliar berasal dari program Car for Tree yang digelar dari Juli - Desember 2010. Melalui program ini TAM menyisihkan sebagian hasil penjualan setiap unit kendaraan pada periode tersebut dan dana yang terkumpul untuk penanaman pohon.

Mengapa harus Ancol ?, Johnny menjawab masyarakat dapat menjangkau daerah Ancol dengan mudah dan PT. Pembangunan Jaya Ancol telah merubah lahan lapangan golfnya menjadi lahan Eco Park.
(Adm/A038)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011