Jakarta (ANTARA News) - Volume transaksi finansial melalui Mandiri SMS Banking hingga akhir 2010 naik 60 persen menjadi 8 juta transaksi dengan nilai sebesar Rp10,6 triliun.

Transaksi itu tumbuh 60 persen dibandingkan 5 juta transaksi pada 2009 dengan nilai transaksi Rp6,6 triliun, kata Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri, Budi G. Sadikin, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pencapaian itu berkontribusi pada pendapatan non-bunga Bank Mandiri atau fee based income pada 2010 sebesar Rp8,5 triliun atau naik 60 persen dari tahun sebelumnya.

Budi mengatakan, peningkatan itu mendorong Bank Mandiri untuk terus melakukan inovasi mandiri mobile sebagai bentuk keseriusan Bank Mandiri untuk menjadi bank utama dalam e-banking.

"Kami juga ingin mandiri mobile menjadi sarana akses bagi nasabah yang mudah, stylish, dan personalized," katanya.

Bank Mandiri Rabu ini meluncurkan aplikasi mandiri mobile untuk transaksi perbankan bagi pengguna BlackBerry. Aplikasi tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan pengguna aktif layanan mobile banking menjadi 1 juta pada akhir 2011, dari sekitar 500 ribu di 2010.

Mandiri mobile adalah layanan berbasis mobile banking dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan nasabah. Melalui layanan ini, nasabah tidak perlu mengingat perintah transaksi, seperti jika menggunakan layanan pesan singkat perbankan (SMS Banking).

Inovasi mobile banking Blacberry pertama yang penuh gaya (stylish) dan bersifat pribadi (personalized) itu, menurut dia, merupakan upaya Bank Mandiri meningkatkan kenyamanan transaksi nasabah.

Menu transaksi Mandiri Mobile telah mencakup cek saldo, info mutasi rekening, transfer, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan listrik, telepon, TV kabel, kartu kredit hingga informasi suku bunga dan pencarian lokasi anjungan tunai mandiri (ATM) maupun cabang Bank Mandiri yang dilengkapi peta digital.

Nasabah dapat mengubah fitur menu sesuai keinginan masing-masing, seperti ukuran font, pilihan bahasa Indonesia atau Inggris dan menyimpan transaksi yang sering dilakukan dalam daftar menu Favoritku, sehingga alur transaksi dapat menjadi lebih singkat.

Bahkan, nasabah juga dapat menampilkan foto yang mereka sukai di menu utama sebagai foto profil. Selain proses registrasinya pun relatif mudah, seluruh transaksi yang dilakukan tidak dikenakan biaya tambahan, nasabah hanya perlu berlangganan paket data (GPRS atau 3G).

Aplikasi yang dapat dinikmati oleh seluruh nasabah pengguna Blackberry Curve, Bold, Onyx, Storm serta Torch ini dapat diunduh nasabah dengan mengirim SMS ke nomor 3355 dengan perintah "Reg Mobile". Aplikasi mandiri mobile juga dapat diunduh melalui situs Bank Mandiri, yaitu www.bankmandiri.co.id dan dalam waktu dekat, layanan akan tersedia di Blackberry App World.

Bank Mandiri juga akan mengembangkan aplikasi mandiri mobile yang dapat digunakan nasabah pemakai iPhone dan Android.

"Dukungan dan kesiapan sistem teknologi informasi membuat Bank Mandiri mampu menghadirkan mandiri mobile sebagai salah satu `milestone` dalam pemanfaatan teknologi smartphone pada industri perbankan. Teknologi ini juga hasil pengembangan layanan SMS Banking yang telah diluncurkan Bank Mandiri pada 2002 lalu," kata Budi.
(T.D012/A027)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011