...jika mereka ingin melakukan sesuatu mereka tentu menghubungi saya langsung
London (ANTARA News) - Bernie Ecclestone membantah laporan-laporan tentang kemungkinan pengambilalihan Formula Satu oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh News Corporation milik Rupert Murdoch.

Sebelumnya dilaporkan bahwa raksasa media News Corp mengadakan pembicaraan dengan miliuner Meksiko Carlos Slim, yang saat ini mensponsori tim Sauber, dan produsen mobil terkemuka, yang menurut rumor adalah Ferrari, tentang kemungkinan mereka membuat penawaran atas F1.

Namun Ecclestone, kepala eksekutif perusahaan modal ventura CVC yang memiliki F1, mengklaim bahwa tidak ada kebenaran dalam cerita itu sama sekali.

"Itu semua sampah," kata Ecclestone kepada The Times.

"Formula Satu tidak untuk dijual, dan bagaimanapun kami tidak akan menjualnya ke perusahaan media karena itu berarti akan membatasi kemampuan untuk bernegosiasi dengan lembaga penyiaran lain," jelasnya seperti dilaporkan AFP.

News Corp dan Slim, yang bisa mengumpulkan dana sekitar 45 miliar dolar AS, dan Ferrari akan dapat menggunakan kekayaan besar gabungan mereka untuk memenuhi harga yang diperkirakan diminta oleh Ecclestone, namun orang nomor satu di F1 itu menegaskan bahwa dia tidak pernah melakukan kontak dengan salah satu dari mereka .

"Saya tahu Rupert dan (pemimpin News Corp Internationl) James Murdoch dan Carlos Slim, dan jika mereka ingin melakukan sesuatu mereka tentu menghubungi saya langsung, dan sampai saat ini hal itu belum terjadi," kata Ecclestone kepada BBC.

Meskipun ada sebuah tawaran untuk itu, setiap upaya pengambilalihan Formula Satu tetap harus tunduk pada Perjanjian Concorde baru yang sudah diadakan sebelumnya.

Perjanjian Concorde merupakan suatu pengaturan komersial yang melibatkan tim, CVC dan FIA yang mengikat semua pihak berkaitan dengan olahraga itu, dan perjanjian ini baru akan berakhir pada akhir tahun depan.
(OKS)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011