Jakarta (ANTARA News)- Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi terus menguat karena faktor positif dari regional yang masih berlanjut.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS naik 10 poin menjadi Rp8.630 per dolar dari sebelumnya Rp8.640.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib di Jakarta, Kamis mengatakan, berlanjutnya sentimen positif dari regional mendorong rupiah kembali bergerak naik.

"Kami sudah memperkirakan rupiah akan kembali menguat karena faktor positif diperkirakan masih akan berlanjut," katanya.

Rupiah, menurut dia kemungkinan akan dapat mencapai level Rp8.600 per dolar apabila faktor positif dari eksternal berlanjut mendorong pelaku pasar lokal aktif melakukan pembelian rupiah.

Hanya tinggal selangkah lagi bagi rupiah untuk bisa mencapai level Rp8.600 per dolar. Faktor positif yang terjadi dari eksternal, terutama dari bursa Wall Street, di mana indeks mengalami kenaikan tajam setelah sejumlah emiten mengeluarkan kinerja keuangan yang cenderung positif.

Johnsons and Johnson misalnya di luar perkiraan pelaku pasar berhasil meraih laba bersih cukup berarti mendorong pelaku pasar aktif melakukan pembelian saham, katanya.

Menurut dia, pasar saham Indonesia kemungkinan masih positif sepanjang Kamis ini yang terlihat dengan aktifnya melakukan pembelian rupiah di mana mata uang Indonesia itu pada hari Rabu mengalami kenaikan berarti. "Kami optimis rupiah masih dapat bergerak naik lagi," ujarnya.
(CS)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011