Jakarta (ANTARA News) - Belum adanya arahan mengenai pemilukada DKI Jakarta 2012 oleh Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. DPC-DPC partai berlambang kepala banteng di wilayah Jakarta ini mendesak agar ketua DPD PDIP DKI Jakarta  Hendro Sayogo untuk lebih proaktif dalam melakukan komunikasi dengan partai-partai lain, mengingat waktu yang semakin mepet.

"Kami meminta agar ketua lebih proaktif mengambil langkah untuk menjaring mitra koalisi, paling tidak bulan ini PDI Perjuangan sudah ada sikap mengenai pemilukada. SK No 005/2011 dari DPP PDIP mengenai pemilukada pun sudah dikeluarkan," kata Ketua DPC PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Cheppy Wartono kepada pers, Kamis.

Mengenai calon yang saat ini muncul, Cheppy mengaku bahwa ada dua nama yang saat ini muncul, pertama Wakil Bupati Tangerang Rano Karno dan Anggota DPRD DKI Boy Sadikin.

"Paling tidak PDI Perjuangan mengusung kadernya sendiri, dan anak-anak muda seperti Rano dan Boy. Mereka masih muda dan yakin bisa membawa perubahan signfikan untuk Jakarta kedepan," kata Cheppy yang juga mantan Anggota DPR ini.

Mekanisme yang akan diambil oleh PDI Perjuangan sendiri untuk pemilukada, kata Cheppy melawati dua pintu, pertama usulan dari DPC-DPC masuk ke DPD PDIP yang nantinya akan dibahas dan dilakukan survei oleh DPP PDIP, baru dikembalikan lagi ke DPD dan DPC, apakah layak calon-calon yang akan diusung oleh PDI Perjuangan.

"Penjaringan, penyaringan, dan kemudian rekomendasi, diharapkan keluar akhir tahun ini dan kami menginginkan kader tulen PDI Perjuangan sendiri, kalau tidak repot nantinya," tegasnya yang menyebutkan bahwa ada nama lain diluar kader PDI Perjuangan yang masuk hitungan seperti Djan Faridz dan Nugroho Djajusman.(*)
(R009/K004)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011