"Setelah urusan TKI itu selesai, maka kami juga membantu proses pemulangan mereka."
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Sebanyak 23 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang sebelumnya menghadapi permasalahan di Malaysia akhirnya bisa kembali ke tanah air setelah persoalannya di negara ini terselesaikan, seperti memperoleh gaji selama mereka bekerja dengan majikannya.

"Hari Kamis, ke 23 TKI yang semuanya adalah perempuan itu telah diberangkatkan kembali oleh pihak KBRI ke tanah air melalui bandara LCCT (Low Cost Carrier Terminal)," kata Kepala Bidang Penerangan, Sosial, Budaya Kedutaan Besar RI (Pensosbud KBRI) Malaysia, Suryana Sastradiredja, di Kuala Lumpur, Jumat.

Ia menjelaskan, memang sesuai prosedurnya bila semua permasalahan mereka dapat terselesaikan secara baik, sehingga para pekerja tersebut harus dipulangkan secepatnya.

KBRI dalam ini, menurut dia, terus memantau perkembangan para TKI bermasalah tersebut, termasuk dalam berunding dengan majikan agar mereka mau membayarkan gaji yang menjadi hak dari pada pekerja.

"Setelah urusan TKI itu selesai, maka kami juga membantu proses pemulangan mereka," katanya.

Suryana mengatakan sebagian besar para TKI bermasalah tersebut terkait soal gaji seperti pemotongan yang tidak sesuai ketentuan, pembayaran gaji yang tidak tepat waktu, kerja tidak sesuai kontrak dan soal lainnya seperti izin kerja tidak diperpanjang majikan hingga ada pula yang mendapatkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh majikannya.

Sedangkan, shelter di KBRI saat ini masih menampung sebanyak 64 wanita pekerja termasuk seorang anak dan tiga bayi yang juga sedang menunggu permasalahan yang dihadapinya di Negeri Jiran tersebut terselesaikan secara tuntas.

"Semakin cepat selesai permasalah mereka semakin baik karena tentunya tidak pernah membayangkan mengalami permasalahan seperti itu," katanya.

Sementara itu, KBRI di Malaysia juga semakin menambahkan bentuk pelayanannya kepada TKI, yaitu dengan membuka kantor pelayanan tenaga kerja Indonesia di Bandara Low Cost Carrier Terminal (LCCT), Kuala Lumpur, guna memberikan informasi awal mengenai situasi yang akan dihadapi di tempat bekerja mereka.
(T.N004/A011)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011