"Untuk kereta api jarak jauh ada kenaikan sekitar lima persen, dan kenaikan tersebut akan terus terjadi hingga Minggu (24/4)."
Yogyakarta (ANTARA News) - Penumpang kereta api dari Daerah Operasional (Daops) VI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada libur panjang akhir pekan ini mengalami kenaikan sekitar lima persen (5%) dibanding hari biasa.

"Untuk kereta api jarak jauh ada kenaikan sekitar lima persen, dan kenaikan tersebut akan terus terjadi hingga Minggu (24/4)," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api (KA) Daop VI DIY, Eko Budiyanto, di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, jumlah penumpang kereta api pada hari biasa adalah sekitar 10.000 orang, dan pada libur panjang akhir pekan, okupansi penumpang kereta api kelas bisnis atau pun eksekutif mencapai 100 persen.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya juga akan mengoperasikan kereta api tambahan Argo Dwipanggga dari Solo Balapan dengan tujuan Jakarta Gambir pada pada Minggu malam (24/4) sekitar pukul 21.00 WIB.

Rangkaian kereta api tambahan tersebut akan membawa delapan gerbong, namun tudak semua gerbong digunakan untuk mengangkut penumpang sehingga kapasitas tempat duduk yang tersedia adalah sekitar 350 orang.

Gerbong tepat di belakang lokomotif dan gerbong nomor dua dari belakang tidak digunakan untuk mengangkut penumpang tetapi untuk barang dengan alasan keamanan karena kedua gerbong tersebut tidak memenuhi aspek keamanan.

Jumlah kereta api reguler yang beroperasi di wilayah Daop VI terdiri dari enam set kereta eksekutif dan 11 set kereta bisnis yang melayani tujuan Jakarta, Bandung dan Surabaya.

PT KA menerapkan harga tiket batas atas yaitu sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000 pada saat libur panjang akhir pekan, dan khusus untuk tiket KA Argo Dwipangga ekstra baru akan dijual saat semua tiket kereta reguler telah habis terjual.

Selain adanya kenaikan penumpang untuk kereta api jarak jauh, Eko juga mengatakan adanya peningkatan penumpang untuk kereta api komuter yaitu Prambanan Express jurusan Kutoarto-Yogyakarta-Solo.

Pada hari biasa, jumlah penumpang kereta api komuter adalah sekitar 6.000 orang dan saat libur mengalami kenaikan menadi 8.000 orang bahkan bisa mencapai 10.000 orang.
(T.E013)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011