KBRI Tokyo berpartisipasi dalam "10th International Friendly Run"

KBRI Tokyo berpartisipasi dalam "10th International Friendly Run"

Suasana lomba lari “10th International Friendly Run” yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, Minggu (28/11/2021). (ANTARA/HO-KBRI Tokyo)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo (KBRI) Tokyo berpartisipasi dalam lomba lari “10th International Friendly Run” pada Minggu (28/11) untuk menjalin persahabatan antara para duta besar mancanegara di Jepang dengan warga Tokyo.

Acara yang digelar oleh Active International Association itu juga bertujuan mendukung program bantuan restorasi dan pendidikan bagi korban gempa bumi Tohoku pada 2011.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi turut serta dalam kegiatan tersebut bersama para pejabat KBRI Tokyo. Dia menganggap acara itu menjadi ajang promosi untuk lebih memperkenalkan Indonesia di masyarakat internasional, khususnya Jepang.

“Dalam setiap kesempatan untuk promosi Indonesia, kita akan selalu memanfaatkan, termasuk hari ini di dalam International Friendly Run yang diikuti berbagai negara. Kita ikut berpartisipasi untuk lebih mengenalkan Indonesia di masyarakat internasional, khususnya di Jepang,” ujar Heri dalam keterangan KBRI Tokyo, Senin.

Active International Association adalah organisasi nirlaba yang mempromosikan persahabatan dan saling pengertian antara warga negara Jepang dan warga negara asing yang tinggal di Jepang.

Baca juga: Aktor Indonesia tampil dalam drama teater "Electra" di Jepang

Sekitar 1.000 pelari Jepang dan asing, serta diplomat dari lebih dari 20 perwakilan diplomatik yang berada di Jepang, mengikuti lomba itu.

Mereka yang turut berpartisipasi antara lain berasal dari Amerika Serikat, Prancis, Rusia, Kolombia, Bangladesh, Meksiko, Uzbekistan, Kazakhstan, dan El Salvador.

Dalam “International Friendly Run”, peserta dapat memilih lari estafet grup 20 km, 10 km, 5 km, atau 20 km.

Pemenang di posisi pertama, kedua, dan ketiga dibagi dari setiap kategori jenis kelamin dan usia.

Semua pelari yang menyelesaikan lintasan mendapatkan sertifikat dari pihak penyelenggara, kecuali untuk lari estafet di grup 20 km.

Sebagian dari dana yang masuk dalam kegiatan itu akan disumbangkan ke Great East Japan untuk daerah bencana gempa bumi di Jepang dalam mendukung Restorasi dan Pendidikan Kebencanaan.

“10th International Friendly Run” diselenggarakan juga untuk mempromosikan “Turnamen Futsal Internasional Tokyo antar Kedutaan" dan "Turnamen Bola Basket 8x3 antar Kedutaan”.

Baca juga: Cegah Omicron, Jepang akan larang masuk warga asing
Baca juga: Varian Omicron menyebar, Jepang akan perketat kontrol perbatasan


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KBRI Tokyo anugerahkan Ambassador Award 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar