Norwegia berupaya perlambat penyebaran Omicron

Norwegia berupaya perlambat penyebaran Omicron

Arsip - Seorang warga yang memakai masker membawa kantong belanja di sebuah jalan di tengah mewabahnya COVID-19, di Oslo, Norwegia. (ANTARA/NTB Scanpix/Hakon Mosvold Larsen via Reuters)

Oslo (ANTARA) - Norwegia akan berupaya membatasi penyebaran virus corona varian Omicron, termasuk menambah masa isolasi bagi orang-orang yang dinyatakan terinfeksi, menurut pemerintah pada Senin.

Kemungkinan Omicron akan merembet ke Norwegia, meski varian virus tersebut belum ditemukan di negara itu, kata otoritas kesehatan.

"Varian virus baru itu menegaskan perlunya mempercepat laju vaksinasi dosis pertama dan kedua (vaksin COVID-19) bagi mereka yang belum menerimanya dan dosis booster bagi mereka yang memenuhi syarat," kata Menteri Kesehatan Ingvild Kjerkol lewat pernyataan.

Selain menambah masa isolasi bagi yang terinfeksi, anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah juga harus melakukan karantina.

Sementara itu, tes COVID-19 akan diwajibkan untuk kontak erat lainnya, terlepas apakah mereka sudah divaksin atau belum, katanya.

Pemerintah Norwegia pada Jumat menerapkan pembatasan bagi pelancong yang berasal dari negara-negara di selatan Afrika, tempat pertama kali varian Omicron ditemukan.

Sumber: Reuters

Baca juga: BioNTech mulai kembangkan vaksin khusus Omicron
Baca juga: Hoaks! Varian Omicron sudah ada sejak Juli 2021
Baca juga: Kabar COVID-19 dunia, dari Omicron hingga larangan ke Jepang

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menteri LHK paparkan kemajuan pengurangan emisi dari deforestasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar