Inflasi meroket dan orang-orang mencari lebih banyak alternatif untuk uang mereka di bank
New York (ANTARA) - Produk dan dana investasi mata uang kripto membukukan rekor arus masuk dalam 11 bulan pertama tahun ini, karena investor institusional berbondong-bondong meskipun ada penurunan harga dalam beberapa minggu terakhir, data dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan pada Senin (29/11).

Total arus masuk ke sektor ini mencapai 9,5 miliar dolar AS hingga 26 November, tertinggi sepanjang masa. Pada 2020, total arus masuk bitcoin mencapai 6,7 miliar dolar AS. Pada minggu ini, arus masuk mencapai 306 juta dolar AS.

Bitcoin melihat arus masuk terbesarnya dalam lima minggu dengan total 247 juta dolar AS, data CoinShares menunjukkan, setelah peluncuran produk investasi lain di Eropa.

Invesco telah meluncurkan produk yang diperdagangkan di bursa bitcoin di Eropa, kata laporan media. Sementara itu CoinDesk melaporkan bahwa manajer aset WisdomTree telah mendaftarkan trio keranjang kripto ETP (platform perdagangan elektronik) di bursa saham Swiss SIX dan Borse Xetra yang berbasis di Frankfurt.

Mata uang kripto terbesar di dunia, bitcoin telah melihat arus masuk selama 11 minggu berturut-turut dengan total 2,7 miliar dolar AS, kata CoinShares.

Aliran masuk bitcoin minggu lalu terjadi ketika harga turun 2,3 persen, setelah penurunan 10,4 persen minggu sebelumnya. Pada Jumat (26/11), bitcoin merosot hampir 9,0 persen karena investor membuang mata uang virtual di tengah kekhawatiran dampak varian baru COVID-19 Omicron. Bitcoin terakhir naik 2,0 persen pada 58.483 dolar AS.

“Inflasi meroket dan orang-orang mencari lebih banyak alternatif untuk uang mereka di bank,” kata Ruud Feltkamp, ​​kepala bot perdagangan kripto otomatis berbasis cloud Cryptohopper.

“Saya tidak berpikir itu akan memakan waktu lama sampai investor melihat ini sebagai momen pembelian 'murah'. Kami masih berada di tengah siklus bullish, dan saya pikir kenaikan inflasi akan menyebabkan lebih banyak uang yang dialokasikan untuk saham dan kripto," dia menambahkan.

Sementara itu produk dan dana investasi berbasis Ethereum melihat arus masuk selama lima minggu berturut-turut, dengan 23 juta dolar AS.

Dalam hal arus masuk relatif terhadap aset yang dikelola, Polkadot dan Solana terus menjadi pemenang, dengan arus masuk masing-masing mewakili 8,6 persen dari aset yang dikelola atau 11,5 juta dolar AS, dan 5,9 persen atau 14,6 juta dolar AS minggu lalu.

CoinShares juga mengumumkan bahwa mereka juga telah melacak ETP blockchain ekuitas, saat ini dengan aset kelolaan sebesar 3,7 miliar dolar AS. ETP ini membukukan arus masuk 20 juta dolar AS minggu lalu, dengan total sejauh tahun ini mencapai 2 miliar dolar AS.

Baca juga: Kripto lokal segera listing di Singapura

Baca juga: Sisi lain mata uang kripto di tengah pro dan kontra

Baca juga: Indodax: Aset kripto di Indonesia sebagai komoditi, bukan mata uang

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021