Gubernur Papua minta masyarakat hilangkan stigma negatif terhadap ODHA

Gubernur Papua minta masyarakat hilangkan stigma negatif terhadap ODHA

Gubernur Papua Lukas Enembe menandatangani komitmen bersama dalam rangka menghilangkan stigma negatif bagi ODHA pada peringatan Hari AIDS 2021 (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta masyarakat untuk menghilangkan stigma negatif maupun perlakuan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di wilayahnya.

"Peringatan Hari AIDS sedunia bertujuan untuk menghilangkan diskriminasi masyarakat awam terhadap orang-orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS," katanya di Jayapura, Rabu.

Menurut Lukas, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Provinsi Papua untuk selalu memegang teguh prinsip global, yakni menjauhi penyakitnya, bukan orangnya.

Baca juga: Kampanye penyelamatan ODHA manfaatkan momentum JIAC

"Bukan bagian dari saya untuk menjelaskan ataupun menceritakan secara teknis tentang penyakit HIV/AIDS ini, namun sebagai seorang pemimpin, mempunyai tanggung jawab untuk membuat benteng kokoh terhadap penularannya di Tanah Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan masih banyak mitos yang tidak benar dan beredar di tengah masyarakat mengenai HIV/AIDS, di sanalah tugas sebagai abdi negara untuk memberikan pencerahan kepada setiap orang agar tidak berkembang diskriminasi dan kekerasan sosial.

"Sebagai sesama umat manusia, saya dan semua orang punya tanggung jawab yang sama untuk memberikan rasa nyaman bagi yang terjangkit penyakit HIV/AIDS," katanya.

Dia menambahkan setiap hari yang terjangkit berjuang untuk menemukan kesembuhan dan pulih dari penyakit tersebut, tapi perjalanannya terkadang menjadi sulit karena stigma negatif yang masih besar di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: ARV satu-satunya obat yang direkomendasikan untuk pengidap HIV/AIDS

Baca juga: Sejumlah pelajar SMP di Papua termasuk ODHA

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jaga kestabilan harga, Pemprov Papua gelar pasar murah sembako

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar