Menkes apresiasi industri sawit bantu pemerintah cegah COVID-19

Menkes apresiasi industri sawit bantu pemerintah cegah COVID-19

Tangkapan layar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam 17th Indonesian Palm Oil Conference and 2022 Price Outlook di Jakarta, Rabu (1/12). ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas

Kementerian Kesehatan tidak mungkin melakukannya secara eksklusif dan perlu didukung oleh sektor swasta termasuk industri sawit
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi langkah cepat sektor swasta termasuk industri sawit dalam membantu pemerintah untuk mencegah COVID-19 melalui gerakan vaksinasi massal.

Menkes berpandangan bahwa kerja keras untuk mengatasi COVID-19 harus dilakukan bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan, tak hanya oleh Kementerian Kesehatan.

"Kami tidak mungkin melakukan sendiri. Kementerian Kesehatan tidak mungkin melakukannya secara eksklusif dan perlu didukung oleh sektor swasta termasuk industri sawit," ujarnya dalam 17th Indonesian Palm Oil Conference and 2022 Price Outlook di Jakarta, Rabu.

Selain itu, lanjutnya, upaya untuk mengatasi pandemi juga memerlukan suatu gerakan yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia.

"Saya percaya kalau kita bersatu bersama dengan seluruh komponen bangsa yang ada kita bisa membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap mengatasi penyebaran COVID," ujar Menkes Budi.

Seperti diketahui, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) bersama Projo (organisasi kemasyarakatan pendukung Presiden Joko Widodo), Kementerian Desa, dan Polri melakukan gerakan vaksinasi 7 juta masyarakat Perkebunan.Gerakan ini mendapatkan sambutan positif dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi menjelaskan kegiatan percepatan dan perluasan vaksinasi COVID-19 sangat membutuhkan dukungan komponen masyarakat termasuk GAPKI.

“Saya menyambut baik inisiatif untuk membantu percepatan vaksinasi COVID-19 melalui pendistribusian 7 juta dosis untuk masyarakat perkebunan dan desa-desa produktif,” kata Presiden dalam keterangan yang disampaikan GAPKI.

Ia mengakui bahwa peran sektor perkebunan khususnya perkebunan sawit sangat penting dan strategis, apalagi selama pandemi COVID-19 sektor perkebunan dan pertanian mengalami pertumbuhan yang baik.


Baca juga: IPOC 2020, Ketua Gapki paparkan tantangan industri sawit saat pandemi

Baca juga: Industri sawit komitmen berkontribusi sosial di tengah pandemi

Baca juga: Industri sawit donasi dua unit ambulans kepada Kementan


 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkes sebut transisi peneliti sebabkan anggaran kurang terserap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar