Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional Rifat Sungkar yang selama ini berkonsentrasi pada kejuaraan Asia Pacific Rally Competition akan turun penuh pada kejuaraan internasional Achilles Formula Drift 2011.

Dua kejuaraan itu berbeda jauh meski dasar balapnya tetap sama, kata Rifat Sungkar di sela peluncuran Achilles Asian Drift Series 2011 di Jakarta, Selasa.

"Basicnya tetap sama dengan rally, hanya lokasi tandingnya saja yang beda. Yang jelas saya akan turun penuh meski tahun ini turun di dua kejuaraan yang berbeda," kata Rifat yang delapan kali menjadi juara nasional sprint rally.

Ia menjelaskan, yang membedakan dalam kejuaraan drifting dengan rally pada umumnya adalah pada drifting selain dinilai masalah kecepatan juga dinilai dari unsur hiburan atau kepiawaian pebalap.

Asian Drift Series 2011 atau Achilles Formula Drift 2011 yang baru pertama kali disponsori oleh produk ban asli Indonesia itu akan dilaksanakan di empat negara yaitu Singapura, Indonesia, Thailand dan Malaysia. Seri pertama akan digelar 11-12 Juni.

"Kedua kejuaraan yang saya ikuti membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tapi saya akan berusaha konsentrasi penuh agar semuanya bisa maksimal," katanya.

Rifat Sungkar yang pada Asian Drift Series 2011 akan turun dengan menggunakan bendera Prima XP Achilles Drift Team akan didukung oleh pebalap muda Indonesia di antaranya Adwidya Amandio, M. Hermawan, Rully Armando dan pebalap wanita Alika.

President Direktur Achilles Peter Tanuri mengatakan sebagai sponsor utama, pihaknya juga berupaya memaksimalkan kejuaraan itu salah satunya dengan menggandeng ESPN Star Sport Event Management.

"Kerja sama kami dengan ESPN mulai tahun ini hingga tiga tahun mendatang. Ini adalah kesempatan bagi pebalap Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya ke dunia internasional," katanya saat dikonfirmasi.

Dengan kerja sama ESPN, semua seri Asian Drift Series 2011 akan disiarkan oleh jaringan ESPN minimal ke 20 negara. Dengan demikian, kemampuan semua pebalap akan bisa disaksikan banyak orang dari beberapa negara.

Peter menambahkan, selain mengandalkan pebalap Tanah Air pihaknya juga mensponsori dua tim asal Thailand yang juga akan turun pada Asian Drift Series 2011 yaitu Redbull Achilles Team dan PTT Achilles Team.

Redbull Achilles Team akan diperkuat Kiki Sak Nana, Oat R Kulachart, Ju A Somcahai, Tong Nakarin Twachpakdi dan Dechapon Thoyingjareaon sedangkan PTT Achilles Team diperkuat Wattnaporn Puengpian dan Tiawphaibul Nattapol.(*)
(T.B016/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011