Makassar (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Nasional Demokrat Sulawesi Selatan, Ilham Arif Sirajuddin menegaskan bahwa Nasional Demokrat (Nasdem) akan tetap menjadi organisasi massa.

Hal ini diutarakan di sela-sela Dialog Sinrili yang diselenggarakan Nasdem di Makassar, Rabu.

Menurut Ilham yang juga Walikota Makassar menyatakan bahwa dalam Rapat Pimpinan 6 Februari 2011, Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, sudah berkomitmen bahwa kami akan tetap menjadi Ormas.

Untuk saat ini, Nasdem belum siap menjadi partai meskipun banyak anggota yang menginginkan perubahan status tersebut.

"Kita belum siap untuk jadi partai. Nanti setelah ada survey tahun 2012 baru kita lihat apakah bisa jadi partai atau tidak. Jika dalam survey tersebut Nasdem mendapat dukungan lebih dari 10 persen, bisa jadi partai," ujar Ilham.

Ia menambahkan, ketidaksiapan Nasdem menjadi partai salah satunya karena masih banyak anggota Nasdem yang menjadi anggota parpol.

"Kalau Nasdem jadi partai sekarang, kemungkinan besar akan ditinggalkan oleh anggotanya karena anggota Nasdem ini kebanyakan anggota partai dan Pegawai Negeri Sipil", ujar Ilham yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat Sulsel.

Terkait pendaftaran Partai Nasdem untuk mengikuti verifikasi partai politik (parpol) menjelang 2014, ia mengatakan bahwa partai tersebut tidak ada hubungannya dengan Nasdem yang selama ini menjadi ormas.

"Mereka tidak berafiliasi dengan Nasdem. Secara struktur berbeda dan bukan merupakan bagian dari Nasdem," ujarnya.(*)

(T.KR-HK/F003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011