Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore pada Kamis mengatakan bahwa sektor swasta memiliki peran penting dalam melindungi lingkungan hidup guna meredakan krisis perubahan iklim dunia.

"Peran pihak swasta serta organisasi non kepemerintahan dalam mengatasi masalah lingkungan hidup memiliki andil yang besar selain upaya dari pemerintah sendiri," kata Al Gore di New York saat konferensi melalui video dengan Kedutaan Besar AS di Jakarta yang dihadiri oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel serta para penggiat lingkungan hidup dan organisasi lainnya.

Menurutnya, peran pihak swasta, organisasi non kepemerintahan serta individu masyarakat di Indonesia dalam berupaya mencari solusi penanggulangan krisis iklim sangatlah mengagumkan bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Selain peran swasta, Al Gore juga menekankan bahwa para pemudalah yang menjadi pionir pergerakan melawan perubahan iklim tersebut.

"Pemuda yang hidup pada masa akan datang mengetahui konsekuensi atas apa yang telah kita lakukan pada periode yang lama ini dan akan merasakan dampaknya. Dorongan mereka terhadap masa depan yang lebih baik dapat memicu pemulihan iklim," ungkap Al Gore.

Dikatakannya bahwa sebanyak 90 juta ton polusi yang menyebabkan pemanasan global dilepaskan ke atmosfer setiap harinya sehingga hal itu membuat para pemuda yang kritis terpicu untuk menyelamatkan masa depan dunia dengan menyadari pentingnya mengubah sikap agar dapat memulihkan perubahan iklim.

"Salah satu sumber harapan bagi saya adalah para pemuda di Indonesia, AS, serta seluruh dunia dapat menghidupkan pergerakan ini," kata Al Gore.

Menurutnya, tahun terpanas yang pertama kali dialami dunia pada 2010 tidak hanya berdampak kepada manusia, hewan serta mahluk hidup lainnya tetapi juga mempengaruhi keadaan cuaca dan jumlah curah hujan yang turun sehingga menyebabkan bencana di beberapa belahan dunia.

"Sebagai contoh, Pakistan dilanda hujan yang sangat lebat pada 2010, dimana belum pernah dialami negara itu sebelumnya sehingga menyebabkan banjir bandang yang meluluhlantakkan sebagian negara itu," tegas Al Gore dengan menekankan pentingnya kerja sama seluruh pihak dari segala umur untuk menjaga lingkungan hidup tetap hijau.

Al Gore menambahkan bahwa seluruh warga dunia masih dapat menghentikan pemanasan global meskipun susah dan memakan waktu yang lama serta harus melakukan segala upaya agar anak cucu kita dapat merasakan kehidupan alam yang lebih baik.(*)
(T.KR-BPY)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011