London (ANTARA News) - Pangeran William dan kekasihnya Kate Middleton menikah Jumat pagi ini waktu Inggris atau Jumat sore WIB.

Berikut kerangka waktu keluarga kerajaan Ingggris dalam 100 tahun terakhir seperti dirili Reuters.

1910             - Raja George V naik takhta pada 6 Mei.
 
1917             - Pada puncak Perang Dunia Pertama, House of Windsor diadopsi sebagai nama resmi keluarga kerajaan Inggris sejak pernyataan Raja George V, menggantikan nama bersejarah Saxe-Coburg-Gotha.

20 Januari 1936  - George V meninggal dan digantikan oleh putranya Edward VII.

11 Desember 1936 - Edward VII jatuh cinta pada seorang janda Amerika, Wallis Simpson. Edward harus memilih antara mahkota atau Simpson yang dua kali bercerai dan tidak akan diterima sebagai permaisuri Inggris.

Edward VII memilih turun takhta, dan adiknya menjadi Raja George VI dan istrinya Ratu Elizabeth.

20 November 1947 - Anak pertama Raja George VI, Putri Elizabeth (yang kemudian dikenal sebagai Elizabeth II), menikahi Philip Mountbatten yang menjadi Duke of Edinburgh.

Februari 1952    - Putri Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip, mengadakan kunjungan ke Afrika dan Asia menggantikan ayahnya yang sakit. Raja Geroge VI meninggal dunia pada 6 Februari.

2 Juni 1953      - Ratu Elizabeth diberi mahkota di Westminster Abbey dalam upacara penobatan yang pertama kali disiarkan televisi.

1960             - Ratu melahirkan anak ketiganya, Andrew. Putra tertuanya, Charles, lahir tahun 1948 dan Anne 1950.  Anak terakhir Ratu, Edward lahir pada 1964.

1973             - Satu-satunya anak perempuan Eatu, Putri Anne, menikahi Kapten Mark Philips, namun mereka bercerai pada 1992.

1977             - Ratu menandai peringatan ke-25 dengan kunjungan ke negara-negara persemakmuran dan perayaan mewah di Inggris.

29 Juli 1981     - Pangeran Charles menikahi Lady Diana Spencer dalam upacara megah. Mereka bercerai tahun 1996.

21 Juni 1982     - Putra pertama Charles dan Diana, Pangeran William, lahir. Pangeran Harry lahir dua tahun kemudian.

23 Juli 1986     - Andrew menikahi eksekutif penerbitan Sarah Ferguson yang dijuluki oleh tabloid-tabloid dengan "Fergie".

1992             - Ratu Elizabeth II sudah 40 tahun menduduki takhta yang disebut "annus horribilis" (tahun mengerikan), ditandai dengan kegagalan pernikahan, gejolak dan perbedaan pendapat publik.

Andrew dan Sarah berpisah. Anne bercerai dari Mark Philips. Foto-foto Sarah yang telanjang dada lagi mencium "penasihat keuangannya" menyebabkan kehebohan.

Pada November, Charles dan Diana mengumumkan perpisahan mereka.

28 Agustus 1996  - Charles dan Diana bercerai.

31 Agustus 1997  - Diana dan temannya yang seorang milyuner Dodi Al Fayed tewas dalam kecelakaan saat mobil yang mereka tumpangi dikejar oleh fotografer yang mengendarai sepeda motor di Paris.

Pada November, kerumunan orang menyambut Ratu dan Pangeran Philip saat perayaan emas pernikahan mereka. Dalam pidato terus terang yang tidak biasa, ratu mengakui monarki bertahan hanya karena dukungan publik.

2002             - Ratu menandai peringatan 50 tahun kenaikan takhta pada 6 Februari.

9 Februari       - Adik perempuan ratu, Putri Margaret, meninggal dunia dalam usia 71 tahun setelah hidup mewah dan kesedihan hati.

30 Maret         - Ratu Elizabeth I, Ibunda Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Windsor dalam usia 101 tahun.

30 April         - Ditujukan untuk kedua parlemen dalam peristiwa publik utama dari tahun perayaan setengah abad, Ratu mengatakan dia ingin tetap pada takhtanya untuk membantu keberhasilan Inggris.

1-4 Juni         - Perayaan nasional selama empat hari menandai peringatan emas Ratu.

8 April 2005     - Charles mengumumkan dia akan menikahi kekasih lamanya Camilla Parker Bowles di kapel St. George di kastil Windsor.

3 Mei 2007       - Ratu datang ke Amerika Serikat untuk menandai peringatan ke-400 pada 14 Mei 1607, atau hari pendaratan penjelajah Virginia Company di Pulau Jamestown  untuk mendirikan koloni Inggris pertama Virginia di tepi Sungai James.

19 November      - Ratu dan Duke of Edinburgh menandai pernikahan mereka yang ke-60 tahun dalam upacara di Westminster Abbey di London.

14 Oktober 2010  - Ratu membatalkan rencana pesta Natal di Istana Buckhingham setelah memutuskan tidak benar untuk merayakan saat rakyat Inggris kekurangan uang karena krisis ekonomi.

4 Maret 2011     - Inggris dan Irlandia mengumumkan bahwa ratu akan berkunjung ke Irlandia tahun 2011 yang adalah kunjungan resmi pertama monarki Ingggris sejak sebelum negara Irlandia meraih kemerdekaan dari Inggris pada 1921.(*)
Neny

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011