Kami berdoa dia akan bertahan satu tahun lagi di Borussia Dortmund
Jakarta (ANTARA) - Legenda Borussia Dortmund Karl-Heinz Riedle menyebut klub papan atas Bundesliga itu sedang "berdoa" agar striker mereka Erling Haaland tidak tergoda merumput di Liga Premier Inggris dan tetap bertahan bersama klub pada musim depan.

"Kami berdoa dia akan bertahan satu tahun lagi di Borussia Dortmund," kata Riedle kepada media internasional, Jumat.

"Akan sangat sulit untuk mempertahankannya setelah musim ini, tetapi dia adalah pemain penting bagi kami."

Haaland akan tampil pada Sabtu ketika Dortmund, yang berada di urutan kedua dalam perburuan gelar Bundesliga, menjamu pemuncak klasemen Bayern Munich.

Kontrak Haaland berjalan hingga 2024 tetapi klausul rilis, dilaporkan seharga 80 juta euro disebut akan aktif tahun depan.

Cedera yang dialaminya membuat dia absen saat Dortmund kalah 3-1 di Sporting Lisbon pekan lalu yang mengakhiri peluang mereka mencapai babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Pemain berusia 21 tahun itu mencetak gol sebagai pemain pengganti saat kembali dimainkan setelah pulih dari cedera pinggul Sabtu lalu.

Tendangan volinya yang menakjubkan di Wolfsburg menjadi gol ke-50 di Bundesliga dalam banyak pertandingan.

"Sungguh keajaiban dia bisa kembali begitu cepat dan Anda bisa melihat dampaknya pada tim Dortmund," kata Riedle tentang Haaland.

Pelatih Dortmund Marco Rose juga berharap untuk kembali memainkan Haaland dari bangku cadangan meski sang striker "mungkin belum siap untuk 90 menit" melawan Bayern.

Meski absen lima pekan sebelumnya, Haaland masih berhasil mencetak 19 gol untuk Dortmund dan timnas Norwegia musim ini.

Manchester United dilaporkan menjadi salah satu klub Liga Inggris yang mengejar Haaland.

Pelatih baru mereka Ralf Rangnick pada Jumat menepis laporan bahwa dia akan menerima bonus jika berhasil mengontrak Haaland.

"Erling adalah penyerang yang fantastis. Saya tahu apa yang bisa dia lakukan dan sementara ini seluruh dunia tahu betapa bagusnya dia," gurau Rangnick.

Untuk pertandingan Bundesliga hari Sabtu, Riedle mengatakan hanya dengan memainkan Haaland maka bisa menjadi "peningkatan besar bagi seluruh tim. Anda membutuhkan 11 pemain dalam performa terbaik untuk mengalahkan Bayern".

Haaland mencetak dua gol dalam sembilan menit pertama ketika kedua klub bertemu Maret lalu sebelum hat-trick Robert Lewandowski memastikan kemenangan 4-2 untuk Bayern.

"Dia benar-benar siap untuk permainan ini," kata Riedle dilansir AFP.

Baca juga: Borussia Dortmund tertarik boyong adik Jude Bellingham

Baca juga: Karl-Heinz Rummenigge: Bayern Muenchen tidak akan mampu beli Haaland

Baca juga: Erling Haaland merasa masih kurang banyak mencetak gol

Baca juga: Dortmund buka negosiasi dengan Chelsea untuk pinjam Callum Hudson-Odoi

Penerjemah: Junaydi Suswanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021