Muhammadiyah terjunkan tim dampingi warga terdampak letusan Semeru

Muhammadiyah terjunkan tim dampingi warga terdampak letusan Semeru

Warga menyelamatkan diri saat Gunung Semeru meletus di Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas yang mengakibatkan hujan abu di Kabupaten Lumajang dan Malang. (ANTARA FOTO/Hermawan/sen/rwa.)

Yogyakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerjunkan tim "Muhammadiyah Disaster Management Center" (MDMC) untuk melakukan pandampingan bagi warga terdampak bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu mengatakan pihaknya langsung memberikan instruksi kepada Divisi Tanggap Darurat Rehabillitasi dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC untuk melakukan koordinasi respons tanggap darurat.

Khusus kepada MDMC Kabupaten Lumajang, Budi Setiawan mengamanatkan untuk membentuk pos koordinasi (poskor) dan melakukan pendampingan untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak.

"Saya sudah menghubungi Saudara Anggit, Ketua MDMC Lumajang, untuk segera membentuk poskor di PDM Lumajang. Demikian juga saya sudah menghubungi Ketua MDMC Jawa Timur," ujar Budi.

Ia telah menginstruksikan para relawan MDMC di Jawa Timur segera melaksanakan tindakan kesiapsiagaan di bawah koordinasi Ketua MDMC Jawa Timur Rofii.

Sementara kepada para relawan MDMC di luar Jawa Timur, dia meminta untuk bersiaga menunggu perintah jika dibutuhkan.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, MDMC Kabupaten Lumajang langsung menetapkan poskor relawan Muhammadiyah untuk tanggap darurat letusan Gunung Semeru di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lumajang, Jalan Imam Sujai Nomor 17, Jogotrunan.

Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah Arif Jamali menuturkan para personel MDMC Kabupaten Lumajang telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan menerjukan personel ke kawasan terdampak untuk melaksanakan pendampingan tekait  situasi di lapangan.

"Sementara MDMC Jawa Timur mengosolidasi semua sumber daya terdekat yang bisa dikerahkan untuk melaksanakan respons tanggap darurat," kata Arif.

Ia mengatakan relawan Muhammadiyah dari Angkatan Muda Muda Muhammadiyah, rumah sakit Muhammadiyah dan perguruan tinggi Muhammadiyah di sekitar Semeru dan Jawa Timur merupakan tim yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam pendampingan warga terdampak bencana.

Baca juga: Gubernur Jatim instruksikan evakuasi warga terdekat Semeru

Menurut dia, profesionalisme Lazismu di area Jawa Timur sangat siap dalam mendukung operasi tanggap darurat bencana.

Baca juga: Kemenhub pastikan bandara dekat Gunung Semeru masih beroperasi normal

Persiapan mendukung respons tanggap darurat letusan Gunung Semeru, kata dia, juga dilakukan oleh MDMC Jawa Tengah.

Baca juga: Puluhan warga alami luka bakar akibat letusan Gunung Semeru

"Naibul Umam, Ketua MDMC Jawa Tengah, sudah memberi instruksi kepada MDMC di kawasan Solo Raya untuk menyiapkan tim respons tanggap darurat dan akan melakukan koordinasi malam ini juga," ujar Arif.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres berjanji percepat huntara pengungsi Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar